HONDA

Terdengar Bunyi Tembakan, Kepala BIN Papua Gugur

Terdengar Bunyi Tembakan, Kepala BIN Papua Gugur

 

JAKARTA - Kelompok kriminal bersenjata kian berbahaya. Kemarin (25/4) Satgas Operasi Nemangkawi memastikan bahwa Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya tewas dalam sebuah serangan di Kampung Dangbet, Distrik Beoga, Papua.

Dari informasi yang didapatkan, pada pukul 15.30 WIT tim Cakra 1 mendengar bunyi tembakan di Kampung Dangbet. Di lokasi itu 14 orang DPP Kabinda Papua, Satgaster, dan Koramil dengan melakukan tinjauan medan.

Selanjutnya, pukul 16.30 patroli dilakukan Tim Delta dan Elang menggunakan delapan sepeda motor di Dangbet. Terdapat laporan melalui handy talkie(HT) Koramil yang menyebut bahwa satu orang personel terkena tembakanatas nama Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha dan gugur di tempat.

Terdapat catatan dalam informasi tersebut, saat ini tempat kejadian Beoga melaksanakan siaga penuh. Sumber tembakan juga sedang dilakukan pencarian.

Dikonfirmasi terkait gugurnya Kabinda Papua, Kasatgas Operasi Nemangkawi Kombespol M. Iqbal Alqudusy membenarkan kejadian tersebut. Namun, dia belum bisa menjelaskan kronologi penembakan tersebut. ”Betul,” ujarnya.

Setelah penembakan terhadap Kabinda Papua, rencananya Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono beserta keluarga dari Kabinda Papua akan berangkat menuju ke Timika Senin (26/4). Belum diketahui dengan pasti rencana selanjutnya.

Sementara Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom belum merespon saat dihubungi Jawa Pos terkait penembakan terhadap Kabinda Papua.  TPNPB-OPM ini sering disebut sebagai KKB oleh pemerintah karena berbagai tindak kriminal yang dilakukan. (idr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: