HONDA

Antisipasi Mudik, Rohidin: Ada Lima Titik Perbatasan Dijaga Ketat

Antisipasi Mudik, Rohidin: Ada Lima Titik Perbatasan Dijaga Ketat

BENGKULU - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, sejumlah personil keamanan disiapkan untuk menjaga ketat lima titik perbatasan di Provinsi Bengkulu. Mencegah pemudik masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu maupun yang akan ke luar dari Provinsi Bengkulu. Penyekatan perbatasan ini dimulai Kamis (6/5).

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, dalam Operasi Ketupat Nala tahun 2021 ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya. Hal ini harus dilakukan karena tren gelombang penyebaran Covid-19 terus menanjak.

"Ada lima pintu perbatasan yang menjadi prioritas untuk dijaga dengan personil lengkap, yaitu TNI/Polri dan petugas pendukung lainnya," kata Rohidin usai menjadi Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Nala tahun 2021 di Lapangan Apel Rekonfu Polda Bengkulu, Rabu (5/5).

Lebih lanjut, untuk titik penyekatan nantinya akan ada dua posko penjagaan. Yaitu, sebelum titik perbatasan (sekitar 100 meter) dan pada titik inti perbatasan. Hal ini guna mengantisipasi agar masyarakat dari luar provinsi untuk masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu.

"Kita antisipasi dengan membentuk dua posko nantinya, dan ini sudah disepakati bersama berikut MoU dengan Polda Provinsi tetangga serta koordinasi langsung dengan Gubernur masing-masing Provinsi tetangga," jelas Rohidin.

Beberapa wilayah yang akan didirikan pos-pos penyekatan antara lain pos perbatasan Curup-Lubuklinggau, pos Kepahiang-Empat Lawang dan pos Lahat-Bengkulu Selatan, pos Mukomuko-Sumatera Barat dan pos Kaur-Provinsi Lampung.

Sementara Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono menerangkan, personil keamanan sudah disiapkan secara optimal, dan saling bersinergi tentunya dengan TNI, instansi terkait, serta tenaga kesehatan. "Secara total ada lebih dari 2.300 personil disiapkan untuk pengamanan perbatasan, TNI/Polri bersinergi bersama instansi terkait," demikian Teguh. (rls) Baca Juga: Pembatasan Akses Masuk dan Keluar Provinsi Bengkulu, Dimulai 6 Mei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: