HONDA

Petugas Sidak Temukan Hati Sapi Mengandung Cacing Dijual di Pasaran

Petugas Sidak Temukan Hati Sapi Mengandung Cacing Dijual di Pasaran

 

BENGKULU - Menjelang Hari Raya Idul Fitri penjualan daging sapi di pasaran mulai menjamur. Untuk memastikan kualitas dan kondisi daging sapi yang dijual pedagang daging musiman dipasaran, petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu melakukan sidak di Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu, Selasa (11/5).

Dari sidak dan pemeriksaan disejumlah lapak pedagang daging sapi yang berada di kawasan tersebut, petugas menemukan hati sapi yang mengandung cacing hati. Hati sapi ini langsung disita petugas karena sudah tidak layak konsumsi, dan dikhawatirkan masih dijual.

"Jadi untuk sementara ini dari beberapa lapak yang kita lewati kita ketemu adanya organ hati yang dipenuhi dengan cacing hati. Itu tadi organ hatinya sudah kita ambil dan akan kita musnahkan karena sudah tidak layak dikonsumsi. Kalau kita tidak tarik, khawatir nanti masih dijual lagi," Kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan.

Hauliantua menambahkan pemeriksaan tersebut akan terus dilakukan pihaknya hingga H-1 menjelang lebaran disetiap pasar-pasar yang menjual daging sapi di kota Bengkulu. Tim sengaja diturunkan untuk memastikan daging yang beredar yang jual di pasar-pasar dalam Kota Bengkulu ini memang betul-betul aman, sehat, dan halal. Selain itu juga ingin memastikan bahwa tidak ada pemalsuan daging

"Jadi sebetulnya pemeriksaan seperti ini sehari-harinya sudah kita lakukan, namun menjelang raya ini jumlah pemotongannya cukup banyak. Jadi kita sengaja turunkan tim," tegasnya.

Pihaknya juga menjelaskan untuk daging dan hati yang sehat dan aman dikonsumsi ialah daging yang berwarna cerah dan tidak memiliki warna belang-belang, tidak bau, mulus dan memiliki kekenyalan yang pas. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: