HONDA

Tingkatkan Profesionalitas Wartawan

Tingkatkan Profesionalitas Wartawan

BENGKULU - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-XV yang digelar Jumat (4/6), akan berakhir Sabtu (5/6) ini. Di hari penutupan ini, para peserta akan mengikuti  beberapa materi lagi dan dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan peserta UKW.

Dalam sambutannya saat pembukaan di Hotel Adeeva Bengkulu Pantai Panjang, Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony, SH, MH mengatakan, sata ini tercatat sudah ada sekitar 550 wartawan yang dinyatakan berkompeten setelah dinyatakan lulus dalam UKW. Jumlah itu  belum termasuk dengan peserta UKW angkatan ke-XV yang berjumlah 24 orang. Baik itu dari wartawan tingkat muda, madya maupun utama. “Tercatat ada sekitar 800 wartawan di Provinsi Bengkulu ini, yang sudah UKW ada sekitar 550 orang,” ujarnya.

Dijelaskan Zacky, wartawan muda merupakan wartawan yang aktif melakukan tugas liputan di lapangan, sedangkan wartawan madya adalah mereka yang umumnya sudah menjabat redaktur di media masing-masing. “Sedangkan wartawan utama adalah mereka yang menjabat redaktur pelaksana sampai pemimpin redaksi,” tambahnya.

Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Oktaf Riady menambahkan, UKW merupakan salah satu upaya untuk mengupgrade kualitas wartawan yang menghasilkan karya jurnalistik. "Agar nanti wartawan bisa profesional menjalankan tugasnya, dan dapat meningkatkan kualiasnya dari pelatihan ini," ujarnya.

Sementara Asisten III Setdaprov Bengkulu, H. Gotri Suyanto berharap agar UKW ini bisa dilakukan berkelanjutan demi meningkatkan profesionalitas wartawan. "Kita apresiasi yang dilakukan PWI Bengkulu ini, sehingga informasi yang dihasilkan pers nanti semakin baik," ujar Gotri yang datang mewakili Gubernur Bengkulu. (iks/**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: