BANNER KPU
HONDA

Titip Anak ke KK Kerabat, Cara Orangtua Akali PPDB Jalur Zonasi

Titip Anak ke KK Kerabat, Cara Orangtua Akali PPDB Jalur Zonasi

 

BENGKULU – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP jalur prestasi, afirmasi, pindah khusus melalui Dinas Pendidikan Kota Bengkulu berakhir, kemarin.

Selanjutnya PPDB jalur zonasi akan dibuka mulai Senin (28/6). Orangtua/wali murid yang gagal jalur prestasi pun mulai was-was khawatir anaknya pun tidak diterima di jalur zonasi. BACA JUGA: Pengumunan PPDB Jalur Prestasi Dipanggil Satu per Satu, Wali Murid Berkerumunan di Dinas Pendidikan Kota Bengkulu

Seperti yang dialami Hendri warga Kota Bengkulu, selaku wali murid calon siswa yang gagal memasukan anaknya ke sekolah yang dituju melalui jalur prestasi, juga mulai khawatir jika anaknya gagal masuk SMP yang dituju dengan melalui jalur zonasi.

“Yang saya takutkan itu sistem jalur zonasi. Ini pengalaman saya, sebelumnya anak saya yang pertama masuk SMP juga pakai jalur zonasi, masuk memang tapi sudah no urut paling bawah padahal rumah saya dekat ke sekolah itu. Nyaris tidak dapat sekolah,” keluhnya.

Lebih lanjut menurut Hendri, PPDB jalur zonasi ini pun masih bisa diakali. Yaitu, dengan menitipkan anak ke Kartu Keluarga (KK) kerabat yang rumahnya masuk zonasi sekolah yang diinginkan.

"Ini ada oknum wali murid yang bermain. Contohnya, rumah saya di Betungan tapi di Padang Harapan ada keluarga saya, saya pindahkan nama anak saya ke keluarga saya yang tinggal di Padang Harapan supaya anak saya bisa sekolah didaerah sana. Dengan cara merubah Kartu Keluarga (KK) ke dukcapil," beber Hendri.

Cara seperti itu, sambung Hendri, sudah menjadi rahasia umum dan bukan lagi hal yang tabu melainkan fakta di lapangan. BACA JUGA: Wali Murid Ramai-ramai Datangi Dinas Pendidikan, Keluhkan PPDB Jalur Prestasi

Untuk itu Hendri juga mempertanyakan, perubahan KK tersebut bisa sampai dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

"Sebenarnya mau kayak bagaimanapun bakal ketahuan tapi nyata nya oknum yang seperti itu bisa mendapatkan sekolah  yang dia inginkan. Nama orang tua tidak bisa dimanipulasi. Ada bin di KK. Kasian orang yang benar-benar tinggal di dekat sekolah," tukas Hendri. Baca Selanjutnya >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: