HONDA

Lima Bulan, 56 Warga Kota Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS, Didominasi Laki-laki

Lima Bulan, 56 Warga Kota Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS, Didominasi Laki-laki

BENGKULU -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mencatat sebanyak 56 warga Kota Bengkulu terjangkit HIV/AIDS. Rinciannya 39 laki-laki dan 17 perempuan. BACA JUGA: 300 Warga Kota Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS

Dijelaskannya, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) tersebut, terjangkit hanya dalam kurun waktu 5 bulan saja, yakni dari Januari hingga Mei 2021. Sementara itu, sepanjang tahun 2020 lalu, jumlah  ODHA  mencapai 70 orang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Zainal Sumardi, S.Sos melalui Kabid P2P Dinas Kesehatan kota Bengkulu, Neli Hartati , SKM, MM menyampaikan ODHA di kota Bengkulu 70 persennya adalah laki-laki.  “Kebanyakan laki-laki, untuk tahun 2021 terhitung hingga bulan Mei lalu ada sebanyak 39 laki-laki dan 17 perempuan,” ujarnya.

Dijelaskan untuk rata-rata umur ODHA di Kota Bengkulu sendiri berkisar dari umur 25 tahun sampai 45 tahun. “Hampir di setiap perkerjaan sudah ada yang kena HIV/AIDS, baik itu polisi, ibu rumah tangga, PNS, mahasiswa dan pekerjaan lainya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan penularan penyakit ini mayoritas melalui hubungan seksual, penggunaan jarum suntik dan transfusi darah. “Tiga hal utama inilah yang sering kali menyebabkan warga Kota Bengkulu terjangkit virus HIV/AIDS,” imbuhnya.

Dikatakan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu sering  mengadakan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pemeriksaan kesehatan dan pencegahan lainya kepada masyarakat guna menekan angka ODHA yang tiap tahun selalu bertambah.

“Minimal 3 bulan sekali kami bekerja sama dengan puskesmas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkaitan dalam mengadakan sosialisasi dan edukasi akan bahayanya HIV/AIDS,” tambahnya. BACA JUGA: Vaksinasi Massal Polres Mukomuko, 170 Warga Disuntik Vaksin Covid-19

Ia menambahkan dengan sosialisasi dan edukasi tentang bahayanya HIV/AIDS secara  terus menerus  akan dapat menekan jumlah penderita HIV/AIDS yang ada di Kota Bengkulu. “Dengan upaya ini, diharapkan dapat menekan kasus HIV/AIDS,” tutupnya. (cw1) Baca Video Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: