HONDA

Minimalisir Sampah Liar, 50 Tong Disiapkan

Minimalisir Sampah Liar, 50 Tong Disiapkan

BENGKULU – Meski sudah Perda tentang Pengelolaan Sampah yang mengatur tentang sanksi bagi pembuang sampah sembarangan, namun tetap saja aksi buang sampah di sembarang tempat masih kerap terjadi. Salah satunya kemarin terlihat di depan Jalan Adam Malik 5 Kelurahan Pagar Dewa.

Meski sudah ada papan peringatan larangan buang sampah, namun tetap saja setiap pagi tumpukan sampah kerap terlihat di depan jalan tersebut. Lurah Pagar Dewa, Juwanda, S.Sos mengakui memang di lokasi tersebut sering menjadi tempat pembuangan sampah liar. Meskipun demikian, Juwanda mengatakan, pernah ada warga yang tertangkap tangan membuang sampah di lokasi itu.

“Pernah ada yang tertangkap saat buang sampah, kita berikan teguran,” katanya. Untuk meminimalisir aksi buang sampah sembarangan tersebut terulang, dalam waktu dekat pihak kelurahan akan menyebarkan tong sampah sebanyak 50 unit, yang akan disebar di tiap-tiap gang.

“Ada donatur yang menyumpang 50 tong sampah. Nantinya akan diberikan kepada setiap RT yang berada di Kelurahan Pagar Dewa.  Ini guna meminimalisir sampah-sampah liar yang berada di Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu,” tutupnya.

Salah seorang warga Jalan Adam Malik 5, Dodi (31) mengatakan, sampah-sampah yang menumpuk di depan jalan itu, dibuang oleh orang dari luar. “Menepi ke sana lalu membuang sampahnya ke lokasi tersebut,” ungkapnya.

Kasi Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Firjoni Aprianto mengakui memang di lokasi tersebut sering ditemui tumpukan sampah. Meski demikian, setiap hari petugas DLH rutin mengangkut sampah tersebut. “Memang di lokasi tidak ada bak sampah, tapi kalau di Pasar Pagar Dewa ada bak sampahnya,” tutupnya. (cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: