HONDA

Peserta Membludak, Situs Pendaftaran CPNS Down

Peserta Membludak, Situs Pendaftaran CPNS Down

BENGKULU - Di hari pertama pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru (PPPK) 2021 kemarin, sempat mengalami kendala. Pasalnya, laman https://sscasn.bkn.go.id/ pada siang kemarin (30/6) sulit untuk diakses.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti M.Si melalui Kasi Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu Sudibyo mengakui hal tersebut. Ia menjelaskan hal tersebut bisa dikarenakan banyak para peserta yang mengakses lama tersebut.

“Iya mulai sekitar jam 10.00 WIB tadi (kemarin, red) sscasn tidak bisa diakses,” kata Sudibyo, saat dikonfirmasi oleh Rakyat Bengkulu kemarin.

Dijelaskannya, sama seperti sebelumnya untuk akses laman https://sscasn.bkn.go.id/ pada hari pertama pembuka juga mengalami down sementara. Hal ini dikarenakan animo para peserta yang membludak. Apalagi, untuk pembukaan CPNS dan PPPK 2021 ini sempat ditunda beberapa waktu. Sehingga tak menutup kemungkinan, jumlah peminat CPNS tersebut berlipat.

“Kita juga memantau, laman itu sampai norml lagi. Kemungkinan karena hari pertama banyak yang mengakses,” paparnya.

Kemudian, untuk Pemprov Bengkulu sendiri thaun ini juga menyediakan formasi pada CPNS dan PPPK kali ini. Dengan rincian 37 formasi CPNS, yakni 21 tenaga kesehatan dan 16 tenaga teknis. Lalu, PPPK ada 542 formasi. Sehingga untuk totalnya ada 579 formasi untuk Pemprov Bengkulu.

“Selain di laman https://sscasn.bkn.go.id/ kawan kawan juga bisa mengakses https://bkd.bengkuluprov.go.id untuk mengupdate informasi pembukaan ini,” jelas Sudibyo.

Salah satu peserta CPNS dan PPPK, Novi menceritakan jika dirinya sudah mencoba mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id/ sejak pukul 13:00 WIB kemarin,namun tetap tidak membuahkan hasil. Untuk itu, ia mengakali hal tersebut dengan membuka akses ini pukul 00:00 WIB dini hari.

“Nanti malam coba buka akses lagi. Tahun kemarin juga sama, bisa mendaftar lancar itu saat dini hari. Sekitar jam 3 pagi kalau kemarin ya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Diah Irianti menyebutkan pihaknya Selasa (29/6) pihaknya telah menerima instruksi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menerangkan bahwa pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021. Untuk itu, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan pihak BKN dalam pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021 baru saja dimulai.

Juga BKD Provinsi Bengkulu akan mengikuti jadwal pelaksaan seleksi sesuai dengan arahan dan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak BKN. “Kita juga akan sosialisasi tentang pengumuman ini. Mudah-mudahan tidak ada perubahan dan tetap dilaksanakan sesuai jadwal,” sampai Diah.

Untuk diketahui, pendaftaran CPNS dan PPPK dimulai pada 30 Juni - 14 Juli 2021. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 28 - 29 Juli 2021. Pelaksanaan SKD  25 Agustus - 4 Oktober 2021. Pengumuman Hasil SKD 17 - 18 Oktober 2021. Pelaksanaan SKB 8 - 29 November 202. Pengumuman Kelulusan 18 - 19 Desember 2021. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: