BANNER KPU
HONDA

Baru Tahu Covid-19 Usai Pemakaman, Warga Was-was 

Baru Tahu Covid-19 Usai Pemakaman, Warga Was-was 

 

CURUP – Warga di salah satu RT Kelurahan Timbul Rejo Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong sedikit heboh. Pasalnya salah satu warga mereka yang meninggal dunia pada Senin (28/6) malam meninggal dunia di RSUD Curup ternyata sudah dinyatakan positif Covid-19.

Hanya saja warga setempat, termasuk Ketua RT baru mengetahui ternyata warganya tersebut meninggal dunia dalam kondisi dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (29/6) sore atau setelah pemakaman yang dilakukan secara normal. BACA JUGA: MUI Tak Melarang Salat Idul Adha di Zona Orange

Hal ini membuat warga sempat cemas, bahkan Ketua RT setempat, Suparno menyayangkan kondisi tersebut. Khususnya karena tidak ada koordinasi dari pihak RSUD Curup kepada pada pihaknya, perihal kalau warga mereka tersebut hasil swabnya positif Covid-19.

‘’Kita sangat menyayangkan kejadian ini. Baik itu terhadap anak dari warga yang meninggal dunia, termasuk dari pihak RSUD Curup yang tidak berkoordinasi dengan kita soal status positif Covid-19 tersebut,’’ protes Suparno.

Suparno menjelaskan, kronologis kejadian berawal saat dirinya diberitahu pihak keluarga pada 28 Juni 2021 pukul 21.00 WIB, bahwa warganya yang berusia 64 tahun tersebut meninggal dunia di RSUD Curup. Dari riwayat sebelumnya, sang warga memang masuk ke RSUD Curup karena sakit maag kronis.

‘’Sekitar setengah dua belas malam, saya dikabari lagi oleh anak dari almarhum bahwa jenazah akan dibawa ke rumah dulu. Saya sempat tanya, bagaimana hasil swab almarhum, dijawab oleh anaknya tersebut, hasilnya negatif, makanya saya tidak curiga," terangnya.

"Jadi kita membantu menyiapkan rumah duka menunggu jenazah sampai, termasuk warga tetangga juga ikut melayat. Jenanzah sampai sekitar pukul 00.15 WIB tanggal 29 Juni 2021 diantar dengan ambulance dan yang membawa tidak menggunakan APD, hanya pakai masker biasa,’’ sambung Suparno.

Pagi Selasa (29/6), sambung Suparno, dirinya bersama warga melakukan proses pengurus jenazah hingga pemakaman tanpa hal khusus, atau tanpa melakukan SOP Covid-19. Jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Timbul Rejo.

‘’Jadi sampai selesai pemakaman, saya maupun warga lain tidak ada curiga apapun. Karena memang keterangan anak dari almarhum, bahwa hasil swab bapaknya dinyatakan negatif Covid-19,’’ sambung Suparno. Baca Selanjutnya >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: