HONDA

Buka Akses Jalan Desa di Bengkulu Tengah, TMMD ke-111 Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Buka Akses Jalan Desa di Bengkulu Tengah, TMMD ke-111 Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

 

BENGKULU – Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-111 tahun ini juga menyasar Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya di Desa Sidorejo Kecamatan Kelapa Tunggal. Pangdam II/Swj melalui Kodim 0407/Bengkulu membangun akses jalan di Desa Sidorejo. Pelaksanaannya mulai tanggal 15 Juni hingga 14 Juli 2021 mendatang

Tidak hanya kegiatan fisik dengan membuka akses jalan masyarakat setempat, namun pada TMMD juga dilaksanakan program nonfisik. Karena tujuan dari kegiatan dengan mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Baik melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun nonfisik.

Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH mengatakan, dengan adanya kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 di Desa Sidorejo, di mana TNI akan ikut langsung membantu pembangunan fisik maupun nonfisik ini sangat membantu dalam memajukan desa-desa yang ada di Bengkulu Tengah.

“Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi mensukseskan program ini. Terutama kepada Dandim 0407/Bengkulu beserta jajaran sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Ferry.

Kegiatan TMMD merupakan program terpadu lintas sektor TNI dan kementerian, baik Pemerintah Pusat atau daerah, maupun nonpemerintah yang sedang dilaksanakan masyarakat Guna meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan.

“Kegiatan TMMD merupakan wujud nyata kebersamaan TNI dengan masyarakat. Karena melalui kegiatan ini gotong-royong, partisipasi dan swadaya dari semua masyarakat semakin ditingkatkan,” sambung Ferry.

Pesan Ferry kepada masyarakat Desa Sidorejo untuk menjaga hasil pembangunan ini agar manfaatnya dapat terus dirasakan dalam waktu yang lama. “Peran pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan dan warga masyarakat sendiri sebagai pengguna sangatlah dibutuhkan, sehingga infrastruktur yang dibangun dapat dipergunakan bagaimana mestinya dan dalam waktu yang lama,” tegasnya.

Dandim 0407/Bengkulu Kolonel. Inf. Uchi Cambayong, S.I.P menerangkan, bahwa sasaran fisik TMMD yakni berupa pembukaan badan jalan sepanjang 1.010 meter, lebar 10 Meter, pengerasan jalan sepanjang 1.010 meter lebar 4 meter, pemasangan batu talud sepanjang 400 meter. Lalu pembuatan plat deker 2 unit dengan panjang 2 meter lebar 10 meter dan panjang 3 meter lebar 10 meter. Serta pemasangan gorong-gorong 2 unit, rehab MDA Desa Sidorejo, dan pembuatan Pos Kamling 1 unit.

“Dengan akses pembangunan jalan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sidorejo,” jelasnya.

**Terpantau Publik

Sementara itu, Sertu Sapto Awan  salah seorang anggota penerangan Korem 041/Gamas megatakan, setiap dokumentasi kegiatan TMMD 111 Kodim 0407/Kota Bengkulu semua dirangkum menjadi sebuah laporan. Beberapa laporan dokumentasi di lapangan dikemas menjadi sebuah berita yang dapat dikonsumsi langsung oleh publik. Baik melalui media online, cetak ataupun televisi.

“Di mana tujuannya agar kami sebagai TNI bisa mengasah insting, naluri dan kreatifitas dari penerangan, yang menghasilkan karya-karya terbaik langsung dari lapangan, yang nantinya dapat langsung diinformasikan ke masyarakat,” terangnya.(rno)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: