HONDA

Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

BENGKULU - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu menerjunkan petugas ke sejumlah titik masjid yang melakukan pemotongan hewan kurban. Guna memastikan kesehatan dan kelayakan daging kurban pascapenyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 hijriah, Senin (20/7).

Kabid Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan mengatakan, petugas fokus memeriksa kualitas daging hewan kurban yang sudah disembelih, apakah layak dan sesuai standar kesehatan untuk dibagikan kepada masyarakat. Serta, petugas juga memeriksa bagian dari badan hewan seperti organ dalam yang kerap ikut dibagikan kepada masyarakat. Untuk memastikan agar hewan kurban sehat dan terbebas dari penyakit.

"Hari ini kita turun untuk melihat apakah organ-organ bagian dalam dari sapi yang dikurbankan ini memang sehat dan layak untuk dikonsumsi. Kita juga melakukan survei penyakit hewan kurban yang ada di Kota Bengkulu," sampainya saat ditemui melakukan pemeriksaan di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu.

Dengan pemeriksaan organ dalam, pihaknya ingin memastikan apakah hewan kurban bebas dari penyakit. Seperti penyakit cacing hati, dan memastikan bahwa hewan kurban juga terbebas dari penyakit jembrana dengan melakukan pemeriksaan limpa sapi.

"Kita melakukan sampel bagi sejumlah sapi, dengan melakukan pemeriksaan organ-organ seperti hati, limpa dan paru-paru untuk memastikan hewan kurban ini memang layak untuk dibagikan kepada masyarakat," lanjutnya.

Dari pemeriksaan sejumlah sample, saat petugas melakukan pengecekan kelayakan daging hewan kurban di masjid At-Taqwa Kota Bengkulu, dari 11 ekor sapi yang diperiksa ditemukan 1 ekor sapi yang mengidap penyakit cacing hati. Bagi hati sapi yang ditemukan cacing tersebut, petugas meminta panitia kurban untuk dilakukan afkir atau dikubur.(tok) Simak video berita:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: