HONDA

Idul Adha 1442 Hijriah, BSI Salurkan 3 Ribu Lebih Hewan Kurban

Idul Adha 1442 Hijriah, BSI Salurkan 3 Ribu Lebih Hewan Kurban

   

JAKARTA– Pada momen Idul Adha 1442 Hijriah, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyalurkan lebih dari 3.000 hewan kurban kepada mustahik, dan mitra yang membutuhkan di sekitar kantor cabang. Tersebar lebih dari 45 area di Indonesia.

Secara rinci, jumlah hewan kurban yang disalurkan BSI pada Idul Adha tahun ini yakni sebanyak 168 ekor sapi dan 3.138 ekor kambing. Adapun penerima hewan kurban dari BSI di antaranya lembaga pendidikan, mustahik yang sesuai asnaf, masjid, pondok pesantren dan para mitra yang membutuhkan.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan, Hari Raya Idul Adha 1442H pada tahun ini merupakan tahun kedua Idul Adha di tengah situasi pandemi Covid-19. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini bertepatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah di Indonesia.

“Namun hal ini tentunya tidak menyurutkan semangat dan antusiasme kita semua untuk berkurban. Sebagai wujud syukur, serta berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita,” ujar Hery Gunardi.

Dalam kesempatan tersebut, Hery juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para mudhohi yang telah menyalurkan hewan kurbannya melalui Bank Syariah Indonesia dan Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat. "BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia siap menjadi mitra bagi masyarakat dalam bertransaksi sesuai prinsip syariah sekaligus memberikan kebermanfaatan bagi umat,” tegasnya.

BSI menggandeng 19 Lembaga Amil Zakat termasuk Yayasan BSM Umat untuk program pembelian hewan kurban melalui digital platform BSI Mobile dan Hasanah Card. BSI juga mengalokasikan dana penyaluran hewan kurban mencapai Rp 4,8 miliar.

Melalui aplikasi BSI Mobile, masyarakat dapat menentukan sendiri supplier dan jenis hewan kurban yang diinginkan. Selain melalui BSI Mobile, BSI juga memberikan kemudahan pembelian hewan kurban melalui produk BSI Hasanah Card. BSI Hasanah Card merupakan kartu pembiayaan berbasis syariah yang dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi, salah satunya untuk pembelian hewan kurban.

“Melalui program-program tersebut, BSI berfokus pada aspek efisiensi penyaluran, tepat sasaran dan sesuai protokol kesehatan serta aturan yang ditetapkan Pemerintah. BSI juga menyasar daerah- daerah terluar seperti Ambon, Pulau Rote dan Mamuju (Bima) mengingat akses dan kebutuhan masyarakat cukup tinggi,” tutur Hery.   Penyaluran di Bengkulu

Sementara itu, bantuan hewan kurban BSI dari data 3.000 hewan tersebut termasuk Bank Syariah Indonesia (BSI) Ragional 3 Palembang,  juga  menyerahkan bantuan hewan kurban berupa sapi dan kambing dengan total nilai Rp 70 juta yang akan disalurkan kepada masyarakat Bengkulu. Diserahkan langsung oleh Manager BSI Area Bengkulu Hijazi, kepada pihak Pemerintah  Kota Bengkulu tingkat RW/RT dan panitia atau pengurus masjid yang menjadi lokasi peneriman bantuan hewan kurban.

“Alhamdulillah tahun ini khusus di Bengkulu, BSI menyalurkan bantuan hewan kurban senilai 70 juta ini. Bantuan yang dibelikan sapi dan kambing merupakan bagian dari komitmen dan kepedulian perusahaan Bank Syariah Indonesia kepada Pemerintah Kota Bengkulu Wilayah Kerja BSI Ragional 3 Palembang," kata Hijazi.

"Kita sampaikan atau serah terima secara simbolis bantuan hewan kurban satu ekor sapi di Masjid Al Amanah Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu,  Senin (19/7)," sambung Hijazi.

Bantuan hewan Kurban dari BSI Ragional 3 Palembang sepenuhnya diberikan kepada masyarakat yang disalurkan langsung kepada panitia kurban di Kota Bengkulu. Terdiri dari yaitu, 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing yang disebar di seluruh wilayah Bengkulu.

"Selain di Masjid Al-Amanah Betungan, kita juga serahkan satu ekor sapi di Yayasan Al-Hasanah Bengkulu. Sementara itu hewan kurban lainya seperti  kambing kita serahkan di beberapa masjid dan yayasan lainya," jelas Hijazi.

Di sisi lain, per Juli 2021 BSI juga  telah menyalurkan zakat perseroan kepada Badan Amil Zakat  Nasional (BAZNAS) senilai lebih dari Rp 72 miliar melalui UPZ BSI.  Berbeda dengan badan hukum lainnya, BSI tidak hanya membayar pajak, tetapi juga zakat, yang semuanya dapat digunakan untuk kepentingan bangsa.

Penyaluran zakat ini juga sebagai komitmen BSI membantu saudara-saudara di Tanah Air yang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19. Serta dukungan dalam upaya mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh. UPZ BSI nantinya juga akan mengumpulkan zakat dari karyawan dan nasabah untuk disalurkan ke BAZNAS. (prw/rls/gik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"