HONDA

Kejar Target SPIP Level III Pemkab Kepahiang Libatkan BPKP

Kejar Target SPIP Level III Pemkab Kepahiang Libatkan BPKP

   

KEPAHIANG - Untuk mencapai target Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terintegrasi level III tahun 2021 ini, Pemkab Kepahiang kemarin (21/7) melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu. Bekerja sama dalam sosialisasi perencanaan penganggaran dan bimbingan teknis (Bimtek) SPIP tahun 2021.

Seluruh pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kepahiang bersama sejumlah petugas perencanaan penganggaran di masing-masing OPD hadir sebagai peserta. Narasumber, selain Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU, hadir langsung Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto. Hadir juga Sekretaris Daerah Zamzami Zubir, SE, MM dan Plt Kepala Inspektorat Daerah Hairah Aryani, S.Sos, M.Mpd.

Bupati Kepahiang menerangkan sosialisasi perencanaan dan penyelenggaraan pemerintah daerah ini merupakan peningkatan pemahaman terhadap teknis SIPD. Hal ini menurutnya penting dalam peningkatan integrasi SPIP menjadi level III dan kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) semakin meningkat.

"Harapan kita ke depan tidak ada lagi persoalan terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah. Khususnya, dalam sistem perencanaan dan pengelolaan pemerintah daerah. Salah satunya, terkait perubahan sistem anggaran yang sedang kita lakukan saat ini," terang bupati.

Kepala BPKP Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto mengatakan, salah satu tugas pihaknya tidak hanya bersurat terkait pengawasan pemerintahan daerah. Namun juga melakukan evaluasi, audit, monitoring dan konsultasi terkait penguatan dalam hal perencanaan dan konsultasi pengaplikasian SIPD.

"Ini dilakukan agar semua sistem pemerintahan bisa berjalan dengan baik, agar tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah juga bisa maksimal, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik," sampainya. (sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: