HONDA

Harga Ayam dan Telur di Bengkulu Naik

Harga Ayam dan Telur di Bengkulu Naik

BENGKULU - Usai Lebaran Idul Adha sejumlah harga komoditi makanan di  pasar tradisional mengalami kenaikan. Diantaranya terjadi pada telur, bawang dan ayam potong. Penyebab kenaikan harga belum diketahui secara pasti.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Tradisional Modern (PTM) Pasar Minggu Kota Bengkulu, Yunus (22) mengatakan belum mengetahui penyebab kenaikan harga tersebut lantaran saat mengambil barang dari para agen harga bahan pokok telah mengalami kenaikan. BACA JUGA: PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus

“Kami hanya mengambil barang dari agen dan menjualnya kembali, harga bawang putih sekarang naik menjadi Rp 32 ribu/Kg yang sebelumnya harganya Rp 28 ribu/Kg singkatnya sedangkan bawang merah dari Rp 30 ribu/ Kg menjadi Rp 36 ribu/Kg,” paparnya.

Di lain tempat, Yani salah seorang penjual ayam mengatakan paska lebaran harga daging ayam melonjak dari harga sebelumnya Rp 25 ribu/Kg menjadi Rp 30 ribu/Kg. “Naiknya sesudah lebaran kemarin,” singkatnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Agus (45) salah seorang penjual telur di PTM Pasar Minggu. Ia mengatakan harga telur mengalami kenaikan yang tidak terlalu tinggi, untuk telur yang berukuran kecil mengalami kenaikan harga dari yang sebelumnya Rp 39 ribu/karpet menjadi Rp 45 ribu/karpet.

Sedangkan untuk telur yang berukuran lebih besar naik menjadi Rp 47 ribu yang sebelum di harga Rp 42 ribu/karpet.

“Kenaikan harga ini sudah dimulai sebelum lebaran kemarin, dan sampai saat ini belum juga mengalami penurunan harga,” katanya.

Sedangkan untuk harga sayur-sayuran masih stabil. Hal ini disampaikan oleh Melinda Sinaga (40). Menurutnya  harga kubis, tomat, cabe, wartel tidak mengalami kenaikan harga. “Kubis masih diharga 5 ribu/Kg, Tomat 10 ribu/Kg, cabe 28 ribu/Kg dan wartel masih diharga 5 ribu sampai 9 ribu/Kg,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan M. Thohir (70) pedagang beras mengatakan harga beras masih normal dan tidak ada tanda-tanda akan mengalami kenaikan harga. “Untuk beras Seginim masih diharga 15 ribu/liter dan untuk beras Paten/manggis masih diharga 20 ribu/liter,” tutupnya. (cw1/RBOnline) Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: