HONDA

Turun Jadi 15 Desa Zona Merah, Kasus Aktif Capai 359 Orang

Turun Jadi 15 Desa Zona Merah, Kasus Aktif Capai 359 Orang

   

MUKOMUKO – Jumlah desa zona merah di Kabupaten Mukomuko menurun. Dari sebelumnya 22 desa, terhitung kemarin hanya 15 desa zona merah. Sedangkan kasus aktif Covid-19 di Mukomuko masih sebanyak 359 orang yang dinyatakan positif.

“Untuk desa zona merah ada 15 desa. Sebanyak 8 desa statusnya zona oranye penyebaran Covid-19. Untuk level kecamatan, tidak ada lagi yang ditetapkan zona merah,” terang Manager Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko, Hitatun, kemarin.

Desa-desa zona merah itu yakni Desa Air Dikit dan Pondok Lunang Kecamatan Air Dikit. Desa Arga Jaya dan Tirta Kencana Kecamatan Air Rami, Desa Medan Jaya dan Tanjung Jaya Kecamatan Ipuh, Desa Lubuk Pinang Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Penarik dan Lubuk Mukti Kecamatan Penarik dan Desa Talang Medan Kecamatan Selagan Raya.

Selanjutnya, Kelurahan Bandaratu, Pasar Mukomuko dan Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko, Desa Sidodadi Kecamatan Sungai Rumbai, dan Desa Dusun Baru Pelokan Kecamatan XIV Koto. “Untuk desa zona oranye, diantaranya Desa Makmur Jaya Kecamatan Air Rami, Desa Pulau Payung Kecamatan Ipuh, Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, Desa Mekar Mulya Kecamatan Penarik, Desa Air Bikuk dan Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh,” papar Hitatun.

Sedangkan sebaran kasus aktif, terbanyak di Kecamatan Kota Mukomuko sebanyak 81 orang, Air Rami sebanyak 49 orang, Penarik 47 orang, Air Dikit 30 orang, Ipuh 29 orang, Air Manjuto 10 orang, Lubuk Pinang 11 orang, Malin Deman 28 orang, Pondok Suguh 11 orang, Sungai Rumbai 21 orang, Selagan Raya 15 orang, XIV Koto 12 orang, V Koto 6 orang dan Teras Terunjam 8 orang.

“Jadi sebarannya ini masih di 15 kecamatan dengan kecamatan paling sedikit di Kecamatan Teramang Jaya, hanya ada 1 kasus positif aktif. Sebagian besar kasus positif ini mereka menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,” sampai Hitatun.

Sementara itu, untuk kecamatan dengan jumlah desa terbanyak sebaran kasus aktifnya berada di Kecamatan Ipuh, tersebar di 9 desa, Air Rami tersebar di 8 desa, dan Kecamatan Penarik 7 desa. Sedangkan di Kecamatan Air Dikit, Air Manjuto dan Kota Mukomuko, masing-masing tersebar di 5 desa. Sedangkan tersebar di 4 desa, masing-masing di Kecamatan XIX Koto, V Koto, Teras Terunjam, dan Kecamatan Pondok Suguh.

“Lainnya itu di bawah jumlah itu. Seperti di Kecamatan Lubuk Pinang, dan Selagan Raya, hanya di 3 desa. Kalau di Malin Deman, walau angkanya banyak, tapi itu terpusat hanya di 1 desa. Kita berharap zona merah terus turun, sebagaimana yang diharapkan Pak Bupati,” pungkasnya.

Sementara itu, Polres dan Polsek mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis kedua, kemarin. Dengan sasaran warga yang sebelumnya ikut serta vaksinasi dosis pertama pada momen Hari Bhayangkara 2021.(hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: