HONDA

Filipina Raih Emas Olimpiade Setelah Nyaris Seabad Menunggu

Filipina Raih Emas Olimpiade Setelah Nyaris Seabad Menunggu

 

RB ONLINE -  Sejarah baru tercipta untuk dunia olahraga Filipina. Mereka akhirnya berhasil menelurkan medali emas olimpiade pertama di Olimpiade Tokyo 2020 lewat lifter putri Hidilyn Diaz, Senin (26/7).

Ini adalah medali emas perdana Filipina yang sudah berpartisipasi di olimpiade sejak 1924. BACA JUGA: Klasemen Sementara Olimpiade Tokyo: Indonesia Melorot ke Urutan 25

Diaz, yang tercatat sebagai seorang anggota militer dari Angkatan Udara Filipina, meraih medali emas usai menjuarai cabang angkat besi putri kelas 55 kg. Perempuan 30 tahun berpangkat sersan itu naik ke podium tertinggi setelah menorehkan total angkatan 224 kg, dari angkatan snatch 97 kg, serta angkatan clean and jerk 127 kg yang merupakan rekor Olimpiade di kelasnya.

Kemenangan ini semakin membanggakan karena Diaz sukses menyingkirkan favorit juara asal Tiongkok, Liao Qiu Yun. Kemenangan Diaz atas Liao juga sangat tipis: hanya beda 1 kilogram.

Liao hanya berhasil mengangkat 97 kg snatch, dan 126 kg clean and jerk.

Pencapaian ini sekaligus menyempurnakan hasil yang ia peroleh di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, di mana ia mendapatkan medali perak di kelas 53 kg.

Hasil ini juga membuat Filipina menjadi negara Asia Tenggara kedua di Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah meraih medali emas sejauh ini. Negara Asia Tenggara pertama yang lebih dulu meraih emas adalah Thailand dari cabang taekwondo putri kelas 49 kg. Medali emas di nomor tersebut dimenangkan oleh Panipak Wongphatthanakit. (JPG/RBOnline)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: