HONDA

PPKM, Layanan Offline Dinas Dukcapil Tetap Buka

PPKM, Layanan Offline Dinas Dukcapil Tetap Buka

BENGKULU - Meski saat ini di Kota Bengkulu telah diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu masih tetap buka.

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo mengatakan Dukcapil termasuk ke dalam layanan yang esensial, yang artinya sama dengan Perbankan atau bagian keuangan, sehingga pelayanan masih harus tetap dilaksanakan.

“Artinya, PPKM tetap kita indahkan, namun pelayanan tetap dilaksanakan. Maka kita mengambil solusinya pelayanan melalui luar ruangan, kami sebagai pelayan di dalam ruangan sedangkan masyarakat di luar ruangan, inilah kondisi yang harus kita hadapi, mungkin terjadi ketidaknyamanan tapi pada prinsipnya bahwa masyarakat tetap bisa kita layani dengan kondisi yang seperti ini,” Katanya.

Widodo menambahkan meski di masa PPKM, pelayanan di dukcapil tidak ada pembatasan kuota yang dilayani perharinya. Disdukcapil sebelumnya menerapkan Work From Home (WFH) tapi karena banyak petugas yang kurang fit maka ia mengupayakan untuk petugas masuk semua terutama di bidang-bidang yang terkait data.

“Terkait dengan persedian blangko misalnya KK, KTP, KIA alahmdulillah dalam kondisi normal tidak ada kekurangan dan terkait pelayan kita punya misi kalau bisa diselaikan hari ini kenapa harus besok,” paparnya.

Selain itu, dalam rangka memberikan pelayanan terkait dengan tes CPNS banyak sekali ditemukan keluhan bahwa data tidak connect atau tidak online bahkan data tidak valid, sehingga pihak Dukcapil harus menyikapi hal ini dengan bijaksana.

“Sebenarnya terkait online data itu kita tidak bisa pastikan berapa, tapi biasanya yang melakukan perubahan data misalnya terkait masalah pendidikannya, kami sudah berkoordinasi dengan KIA mereka sudah melakukan konsuldasi secara otomatis jadi waktu perubahan data langsung terkonsuldasi,” terangnya.

Disdukcapil telah mengumumkan kepada masyarakat jika sifat pengurusannya tidak terlalu mendesak untuk sementara waktu di tunda agar tidak ada kerumunan di Kantor Dinas Dukcapil Kota Bengkulu. “Kita sudah sampaikan di media massa, untuk hal-hal yang bersifat urgent seperti syarat masuk sekolah atau syarat pendaftran CPNS,” singkatnya.

Terkait Perekaman e-KTP untuk sementara juga waktu ditunda karena Perekaman e-KTP sendiri dilakukan secara kontak langsung dengan masyarakat. “Sesuai arahan dari pak Dirjen, perekaman E-KTP ditunda sementara dan belum tahu sampaikan kapan akan ditunda. Kita akan melihat dulu kondisi Pendemi Covid-19 ini,” tutupnya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: