HONDA

1 Tahanan Anak Masih Dikejar, Petugas LPKA Diperiksa

1 Tahanan Anak Masih Dikejar, Petugas LPKA Diperiksa

 

BENGKULU - Tim gabungan dari Kanwil Kemenkumham Bengkulu hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap satu orang tahanan anak penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bengkulu. Diduga kabur dari sel tahanan dengan cara memanjat tembok gedung LPKA.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ika Yusanti ketika dikonfirmasi mengatakan, selain melakukan pengejaran pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap pegawai LPKA. Apakah ada dugaan kelalaian petugas yang mengakibatkan empat tahanan anak kabur (3 sudah diamankan,red).

"Kami masih melakukan pemeriksaan internal terhadap petugas, kita juga masih mendalami dan meminta keterangan terhadap ketiga anak yang sebelumnya berhasil kembali kita amankan," sampai Ika.

Ika menyebutkan, pemeriksaan dan pengambilan keterangan terhadap tahanan anak tersebut belum dapat dilakukan optimal karena saat ini ketiganya masih melakukan isolasi mandiri. Pascakabur ke luar sel tahan, dan untuk menghilangkan trauma ketiga anak tersebut.

"Mencari keterangan kepada anak-anak ini tidak sama seperti melakukan pemeriksaan terhadap tahanan dewasa. Kami harus tetap melakukannya secara humanis. Ini masih kami lakukan proses. Sekarang masih kondisi sehat dan sedang isolasi mandiri selama 14 hari karena diluar mereka bertemu orang banyak untuk memastikan mereka tak terpapar Covid-19," tambahnya.

Untuk dugaan adanya keterlibatan petugas, Ika menjawab juga sedang didalami oleh pihaknya. "Itu sedang kita dalami, makanya kita lakukan pemeriksaan internal," demikian Ika.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: