HONDA

Klaim Lahan Replanting Memang Kebun Sawit di Desa Padang Jawi

Klaim Lahan Replanting Memang Kebun Sawit di Desa Padang Jawi

KOTA MANNA - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengkalim lahan replanting sawit di Desa Padang Jawi, Kecamatan Bunga Mas memang eks kebun kelapa sawit. Dipastikan bukanlah eks lahan tanaman karet.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Ir. Silustero, MM mengatakan, bahwa program replanting sawit di Kabupaten BS telah sesuai aturan. Termasuk di Kecamatan Bunga Mas yang sempat diduga lahan replanting menyasar eks kebun karet.

Silustero menjelaskan, replanting sawit di Desa Padang Jawi telah lolos verifikasi tim Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun)  Kementerian Pertanian. Oleh sebab itu replanting dapat dilaksanakan, setelah dikucurkan bantuan Rp 30 juta per hektare ke kelompok tani (Poktan) yang lolos verifikasi.

"Sudah sesuai, dan lolos verifikasi tim Dirjenbun. Memang dalam lahan tersebut ada pohon karet, tetapi tanaman kelapa sawit yang lebih dominan," terang Silustero saat ditemui RB di ruang kerjanya.

Bahkan Sulistero menyampaikan dugaan tersebut datang dari oknum yang tidak senang karena tidak masuk Poktan penerima bantuan tersebut.

"Dulu lahan tersebut adalah kebun kelapa sawit. Tapi di sela sawit itu warga juga tanam karet. Karena sawitnya tidak produktif lagi makanya ditebang dan karet juga ditebang. Tapi itu murni kebun sawit, lebih dari 50 persen. Sehingga masuk kriteria replanting," jelasnya

Sebelumnya salah satu Ketua Poktan Kecamatan Bunga Mas, Dodi Setiawan juga mengakui bahwa beberapa lahan yang dijadikan program replanting sawit ada pohon karet. Namun ditegasnya hal tersebut bukanlah kebun karet. Untuk replanting telah lulus verifikasi dari dirjenbun, atas usulan dinas pertanian kabupaten dan provinsi. "Kalau tidak lolos verifikasi maka replanting ini tidak akan terlaksana,’’ kata Dodi

Sebelumnya RB mengecek langsung keberadaan lahan replanting kelapa sawit di Kecamatan Bunga Mas. Sebab beberapa warga mengeluhkan program replanting ada kejanggalan. Salah satu kejanggalan tersebut, dalam lahan yang dijadikan program replanting terdapat pohon karet.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: