HONDA

Baru 11.653 Warga Lebong Divaksin Covid-19

Baru 11.653 Warga Lebong Divaksin Covid-19

AMEN - Dari target 20 ribu warga, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong baru berhasil memberikan vaksin Sinovac kepada 11.653 orang. Meliputi 3.358 kelompok lanjut usia (lansia), 2.552 kelompok masyarakat publik, 4.405 kelompok masyarakat umum dan 1.338 tenaga kesehatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Lebong, Rachman, SKM, M.Si mengatakan, dalam gelombang pertama vaksin yang diklaim sebagai pelumpuh Covid-19 itu diikuti 7.552 orang. Selanjutnya di gelombang kedua, baru 1.554 orang yang mengikuti. ''Berikutnya diukuti 2.578 orang,'' katanya.

Di setiap gelombangnya, vaksin diberikan 2 tahap. Khusus gelombang pertama, rentang penyuntikan vaksin tahap pertama dan kedua adalah 14 hari. Sedangkan di gelombang kedua dan ketiga, rentang per tahapnya diperpanjang menjadi 28 hari sesuai petunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes). ''Kami harap minat masyarakat terhadap vaksin Sinovac terus meningkat,'' ujar Rachman.

Selain jatah vaksin yang masih terbatas, rendahnya partisipasi masyarakat dalam vaksinasi gelombang kedua juga dipengaruhi kondisi fisik calon penerima vaksin. Sebelum divaksin, setiap calon penerima harus menjalani pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatannya agar tidak terjadi dampak yang fatal setelah divaksin. ''Yang jelas vaksin Sinovac itu untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh dari Covid-19,'' jelas Rachman.

Kepada masyarakat yang berminat  mendapatkan vaksin diminta mendatangi Puskesmas di wilayahnya masing-masing. Syaratnya cukup membawa KTP. Sementara kepada masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan.(sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: