HONDA

Rekrut Relawan untuk Percepatan “Tracing” di Setiap Puskesmas

Rekrut Relawan untuk Percepatan “Tracing” di Setiap Puskesmas

   

BENGKULU - Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, Sri Martiana mengatakan, saat ini Dinkes Kota Bengkulu berencana akan menambah tenaga analis kesehatan yang akan ditugaskan pada setiap Puskesmas di Kota Bengkulu.

BACA JUGA: Ibu Hamil Boleh Lakukan Vaksinasi Covid-19, Tapi Harus Perhatikan Hal Ini

Penambahan tenaga analis kesehatan ini rencananya diserap dari tenaga relawan. Guna membantu percepatan kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas dalam penanganan Covid-19.

"Kita berencana akan menyerap tenaga relawan yang ditugaskan sebagai tenaga analis untuk di tempatkan di Puskesmas. Karena saat ini tenaga analis kita terbatas, di setiap Puskesmas hanya ada satu orang tenaga analis," sampainya.

Sri menyebutkan idealnya setiap puskesmas paling tidak membutuhkan dua orang tenaga analis untuk melakukan tracing atau pelacakan kasus Covid-19.

Maka dari itu, untuk memenuhi SDM yang ada pihaknya berencana akan menambah tenaga analis tersebut.

"Untuk Tracer (petugas yang melakukan tracing, red) kita tidak cukup karena di satu puskesmas kita hanya punya satu analis. Jadi kita harapkan sekarang kita bisa mengisi dan menambah SDM di setiap puskesmas itu satu analis kesehatan," tambahnya.

BACA JUGA: Vaksin Dosis 1 Kosong, Puskesmas Hanya Layani Vaksinasi Dosis Kedua

Dalam melaksanakan tugas pokok analis kesehatan mempunyai fungsi dan kewajiban mengembangkan prosedur untuk mengambil, memproses dan melaksanakan uji analitik terhadap specimen.

Nantinya penambahan tenaga analis yang diserap dari tenaga relawan tersebut akan menggunakan anggaran penanganan Covid-19 yang saat ini ada di Dinkes Kota Bengkulu. (tok) Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: