HONDA

Seluma Butuh Tambahan Vaksin 8.776 Dosis untuk Tahap Dua

Seluma Butuh Tambahan Vaksin 8.776 Dosis untuk Tahap Dua

SELUMA - Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma membutuhkan vaksin Covid-19 sebanyak 8.776 dosis. Kabupaten Seluma telah mulai melaksanakan vaksinasi tahap kedua sejak seminggu lalu. Namun lantaran keterbatasan dosis vaksin yang dimiliki, vaksinasi jadi terhambat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos mengatakan, dua minggu yang lalu pihaknya menerima dosis vaksin tahap kedua sebanyak 3.543 dosis. Sementara itu, kebutuhan dosis vaksin tahap kedua sebanyak 12.319 sehingga kekurangan sekitar 8.776 dosis.

"Sebagian besar dosis vaksin tahap dua yang telah diterima sudah mulai dilaksanakan penyuntikan oleh puskesmas-puskesmas," ujarnya

Ia mengatakan, pihaknya telah mengajukan kebutuhan dosis vaksin ke provinsi namun informasi dari provinsi, vaksin belum didistribusikan karena Kementerian Kesehatan dan gabungan kementerian lainnya masih fokus daerah yang menerapkan PPKM level 4.

"Kita berharap bulan Agustus ini dosis vaksin bisa diterima dan seusai dangan kebutuhan agar program vaksinasi tahap kedua bisa dipercepat," terangnya.

Rudi menjelaskan, sejak vaksinasi Covid-19 dilaksanakan, Dinas Kesehatan telah menerima dosis vaksin sebanyak 29.370 dosis, sementara yang berhasil disuntikkan kepala masyarakat sebanyak 25.827 orang. "Vaksinasi Covid-19 dilakukan semua fasilitas kesehatan, terdiri dari 22 puskesmas, RSUD Tais dan Dinas Kesehatan sendiri," ungkapnya.

Ditambahkannya, Kabupaten Seluma sendiri saat ini masih berstatus zona orange dengan menerapkan PPKM level 2 yang diperpanjang hingga 18 Agustus mendatang. "Upaya pembatasan kegiatan masyarakat dan memperketat protokol kesehatan terus dilakukan," sampainya.

Sementara itu, jumlah vaksinasi yang telah dilakukan di Kabupaten Seluma sebanyak 162.828 terdiri dari tahap 1 tenaga kesehatan 1.209, tahap 2 lansia 14.823, petugas publik 15.987, masyarakat rentan 108.285 dan remaja 21.524.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: