HONDA

Sayembara Menulis Cerita Rakyat Bengkulu Selatan Terbuka untuk Umum

Sayembara Menulis Cerita Rakyat Bengkulu Selatan Terbuka untuk Umum

KOTA MANNA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat BS untuk membuat cerita rakyat. Lomba Cerita Rakyat Bengkulu Selatan (Balistara BS) ini terbuka untuk umum. Karya tulis pemenang akan dijadikan buku.

Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca (P3GM) Amir Syofian M.Pd Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Selatan menjelaskan, adapun cerita yang dimaksud, adalah cerita masyarakat Bengkulu Selatan. Bentuknya bebas, boleh cerita sejarah, asal mula daerah, asal mula Bengkulu Selatan dan lain- lain. Yang terpenting cerita tersebut mengenai daerah Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Untuk pendaftaran 1 Agustus hingga 30 September 2021. Terbuka untuk umum," kata Amir.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Selatan Srigusti Sabana, SH menyebutkan, di masa pandemi Covid-19 ini produktivitas dan karya tidak boleh berhenti. Salah satunya mengenai menulis cerita. Dikatakan Srigusti, selama ini pihaknya kesulitan untuk mencari cerita rakyat. Bahkan untuk lomba-lomba selama ini terpaksa mencari cerita dari luar daerah.

Padahal disebutkan Srigusti, cerita rakyat di Kabupaten Bengkulu Selatan sangatlah banyak. Hanya saja selama ini tidak ada yang membuat atau menulisnya. Oleh sebab itu dengan adanya wadah dan lomba ini diharapkan masyarakat dapat tertarik untuk mengikuti lomba dan karya tulis semakin banyak.

"Sebenarnya untuk cerita rakyat di Bengkulu Selatan sangatlah banyak, orang tua kita, nenek kita itu kaya akan cerita sejarah. Tapi selama ini tidak ada yang menulis, oleh sebab itu Dinas Perpustakaan menyediakan wadah bagi masyarakat," sampai Srigusti.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan menargetkan, untuk peserta setiap desa minimal ada satu karya tulis cerita rakyat Bengkulu Selatan. Selain itu untuk peserta bebas, boleh bupati, kepala dinas, ASN, guru, petani, nelayan, karyawan, pelajar, mahasiswa dan seluruh masyarakat.

Seperti diketahui sebagai apresiasi untuk pemenang, akan diberikan hadiah berupa uang. Juara I Rp 1 juta, Juara II Rp 750 ribu, juara III Rp 500 ribu dan juara IV Rp 250 ribu.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: