HONDA

Gang Damak Dipenuhi Sampah, Petugas DLHK Patroli Rutin

Gang Damak Dipenuhi Sampah, Petugas DLHK Patroli Rutin

 

KOTA MANNA – Sampah dibuang sembarangan di Jalan Baidin atau Gang Damak, Kelurahan Tanjung Mulia. Menyikapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bengkulu Selatan akan melakukan patroli rutin agar tidak ada lagi warga yang buang sampah sembarangan.

Beberapa waktu lalu, Bupati Bengkulu Selatan pun Gusnan Mulyadi juga dibuat geram atas tindakan atau oknum warga yang sengaja membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut. Menurutnya, tindakan membuang sampah sembarangan bukanlah sifat manusia yang baik.

Oleh sebab itu, Gusnan meminta DLHK selalu rutin melakukan pengawasan terhadap aktivitas buang sampah di jalan tersebut. Gusnan meminta warga membuang sampah di tempat yang telah disediakan pemerintah. "Berulang kali diingatkan agar jangan buang sampah di tempat itu. Sudah ada tempat yang disediakan pemerintah. Pada DLHK tolong awasi," ujarnya.

Kepala DLHK Bengkulu Selatan Jonior Hafis menjelaskan, pihaknya saat ini rutin patroli di jalan tersebut. Bahkan beberapa waktu lalu, pasca bupati membuat cuitan di media sosial mengenai sampah di Gang Damak, pihaknya langsung turun ke lokasi. Didapati sampah yang dibuang di tempat tersebut mencapai dua truk. Sampah-sampah ini diungkapkan Jonior berasal dari sampah rumah tangga warga.

"Sekarang kami rutin melakukan patroli. Bupati juga memerintahkan untuk menangkap siapapun yang kembali membuang sampah di Gang Damak," kata Jonior.

Disebutkan Jonior, pihaknya telah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara di dekat Sungai Air Manna. Ini dimaksudkan agar masyarakat tidak jauh membuang sampah ke TPA. "Sebenarnya tempat buang sampah telah disediakan, petugas sampah juga keliling ke perumahan warga. Tapi masih ada oknum yang buang sampah sembarangan," tuturnya.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: