BANNER KPU
HONDA

RAPBD Perubahan Defisit Rp 16 Miliar

RAPBD Perubahan Defisit Rp 16 Miliar

SELUMA - Rancangan APBD Perubahan 2021 Seluma diketahui mengalami defisit sebesar Rp 16 miliar. Ini diketahui dalam Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar APBD Perubahan tahun 2021 di DPRD Seluma kemarin (4/8).

Hal ini, mendapat tanggapan dari DPRD Kabupaten Seluma agar Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) yang meminta gara kembali dilakukan penyederhanaan terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan tahun 2021.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Seluma, Tenno Haikal mengatakan, dengan adanya defisit tersebut eksekutif agar segera menindak lanjuti agar permasalahan defisit bisa teratasi. "Sekretaris Daerah selaku kepala TAPD agar segera melakukan koordinasi dengan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk menyelesaikan permaslahan difisit tersebut," ujar Tenno.

Ia mengatakan, dalam kesepakatan TAPD dan Banggar bahwa hasil temuan defisit disepakati sekitar Rp 16 miliar tetapi dalam penyampaian nota pengantar APBD Perubahan, defisit disampaikan sebesar Rp 17 miliar. Tentu hal tersebut menjadi janggal dan telah melanggar kesepakatan.

"TAPD juga harus lebih teliti lagi, terutama soal defisit yang telah disepakati Rp 16 miliar namun ada penambahan Rp 1 miliar dan hal ini diluar kesepakatan antara tim Banggar dan TAPD,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sebelum pengesahan APBD Perubahan tahun 2021 eksekutif harus bisa menyampaikan kembali struktur RAPBD yang telah di bahas ulang agar defisi tidak terjadi. "Kita minta sebelum pengesahan APBD Perubahan peroslan bisa teratasi," sampainya.

Sementara itu, Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto mengatakan, akan melakukan perampingan kegiatan di setiap OPD yang tidak bermanfaat untuk mengatasi defisit. “Yang jelas kita akan terus berupaya untuk mengutamakan kepentingan masyarakat, sehingga kemudian program yang belum terlalu urgent akan kita tunda,” terangnya.

Untuk APBD Perubahan ini, Gustianto memastikan bahwa fokus kerja akan menyesuaikan dengan program Bupati dan Wakil Bupati Seluma sehingga beberapa target pembangunan akan mulai dikerjakan. Diantaranya, program seribu jalan mulus, seluma melayani, Seluma beradat dan beragama.

"Kita mulai untuk memfokuskan kepada program kerja yang telah kita susun agar pada tahun ini, proses untuk menuju Seluma Alap mulai kita lakukan,” sampainya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: