HONDA

Baru 12.644 Orang Selesai Divaksin, Target Sasaran 89.672 Orang

Baru 12.644 Orang Selesai Divaksin, Target Sasaran 89.672 Orang

 

BENGKULU TENGAH– Warga Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang sudah menerima vaksin Covid-19 hingga dosis dua saat ini baru mencapai 12.644 orang. Sedangkan target sasaran 89.672 orang. Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 24.876 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Tengah, Ns. Gusti Miniarti, S.Kep, MH melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit, Yoki Hermawansyah, SKM, M.Pi menjelaskan capaian vaksinasi yang masih terbilang rendah ini karena ketersediaan dosis vaksin yang minim. Untuk pendistribusian dosis vaksin hingga saat ini belum ada lagi.

"Saat ini memang belum ada lagi pendistribusian dosis vaksin, baik itu dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau dari TNI/Polri. Saat ini ketersediaan vaksin hanya tersisa 45 vial atau sekitar 4.500 dosis lagi, yang mana ketersediaan dosis ini hanya untuk pelaksanaan penyuntikan vaksinasi dosis dua," ungkapnya.

Dengan kondisi dosis vaksin yang minim, tambah Yoki, Dinkes belum bisa melaksanakan vaksinasi dosis pertama terhadap warga yang belum sama sekali menerima suntikan vaksin. Sedangkan antusias warga Begkulu Tengah untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi.

Untuk itu pihaknya berharap kepada Pemprov Bengkulu agar bisa berkoordinasi dengan Kemenkes RI agar Bengkulu terkhusus Bengkulu Tengah, dapat mendapatkan pendistribusian dosis vaksin kembali. "Sangat disayangkan jika antusias masyarakat yang sudah sangat tinggi ini tidak didukung dengan ketersediaan dosis vaksin. Banyak sekali warga yang bertanya untuk pelaksanaan dosis pertama," terangnya.

Sambung Yoki, untuk kategori penerima dosis vaksin saat ini ada lima kategori. Yakni tenaga kesehatan (nakes) dari target 893 orang, semuanya sudah 100 persen mendapatkan vaksin, baik dosis pertama maupun kedua. Pelayan publik dari target 9.209, untuk dosis pertama sudah mencapai 7.034 orang dan dosis kedua baru 2.906.

Selanjutnya, Lansia dari target 7.192 orang, untuk dosis pertama 6.754 orang dan dosis kedua 3.693 orang. Masyarakat umum dari target 60.043 orang, untuk dosis pertama sudah mencapai 9.790 orang dan dosis kedua 5.181 orang. Terakhir remaja dari target 12.362 orang, dosis pertama sudah mencapai 405 orang dan dosis kedua masih nihil.(jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: