HONDA

Dewan Minta Percepat Realisasi DAK Fisik, Total Rp 115 Miliar

Dewan Minta Percepat Realisasi DAK Fisik, Total Rp 115 Miliar

BENGKULU –  Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, H. Zainal, S.Sos meminta agar Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk SMA/SMK/SLB di Provinsi Bengkulu segera direalisasikan. Dimana total DAK fisik itu mencapai Rp 115 miliar lebih. Terlebih lagi saat ini tutup tahun anggaran tinggal 5 bulan lagi.

Politisi PKB ini pun meminta agar kualitas pekerjaan yang didanai dari pemerintah pusat itu, benar-benar dijaga dan tidak hanya asal bangun saja. "Satu bulan lalu, kami sudah mengunjungi ULP untuk mengecek lelang proyek di Dinas Pendidikan. Dan memang sebagian besar proyekl fisiknya sudah ditenderkan. Kita berharap agar pekerjaan fisik itu dilaksanakan dengan hasil kualitas yang baik," katanya.

Dia pun meminta untuk tahun 2022 nanti, bantuan DAK ini harus merata dan dinikmati sekolah lain yang memang sangat membutuhkannya. "Untuk sekolah yang belum dapat perhatian pembangunan pada tahun ini, kita berharap dapat perhatian prioritas pada tahun 2022. Nanti di akhir tahun kami akan turun langsung melakukan pengecekan ke sekolah -sekolah yang mendapat bantuan bangunan dari DAK," demikian Zainal.

Sementara itu, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.IP, MM meminta kepada OPD terkait untuk segera merealisasikan DAK fisik untuk sekolah tersebut. “Kalau bisa yang namanya DAK itu jangan ada sisa, harus dimaksimalkan,” tegasnya.

Kemudian ia  berharap adanya pemerataan kepada SMA/SMK untuk mendapatkan bantuan DAK nantinya. “Harus betul-betul tepat sasaran, yang mana muridnya banyak sedangkan ruangannya sedikit harus diprioritaskan,” tambahnya.

Ia pun memastikan akan tetap mengawasi pelaksanaan proyek yang didanai DAK ini, agar berjalan maksimal. "Ini sudah diingatkan dari pemerintah pusat, bahwa serapan ini masih minim jadi segera harus dimaksimalkan. Kita masih ada waktu tapi walaupun waktunya masih panjang 5 bulan ke depan. Harapan kita bisa, tanpa harus ada intervensi ataupun kontrol kita, seharusnya dengan kesadaran untuk memaksimalkan dana DAK tersebut,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat mengatakan Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk SMA/SMK/SLB di Dikbud Provinsi Bengkulu untuk tahun 2021 sebesar Rp 115.000.131.000. “Itu tergabung untuk SMA/SMK/SLB se provinsi Bengkulu,” singkatnya.

Kemudian ia menambahkan nama kegiatan untuk DAK sendiri terdiri dari pembangunan ruang laboratoium, pembangunan/rehabiltasi toilet (jamban), rehabilitasi  ruang kelas, rehabilitasi  ruang guru, rehabilitasi  ruang kepala sekolah, rehabilitasi  ruang pimpinan SMA/SMK,  pembangunan ruang pratik siswa SMK, pengadaan peralatan SMA/SMK. “Itu nama-nama kegiatan secara singkatnya,” ujarnya.

Ia mengatakan sudah memberikan semua data paket ke Unit Kerja Pengadan Barang dan Jasa (UKPBJ)  Provinsi Bengkulu, “Totalnya ada 95 paket dan semua paketnya sudah dimasukan ke UKPBJ,” tutupnya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: