BANNER KPU
HONDA

Kukang Dilepas Liar ke Hutan Cagar Alam

Kukang Dilepas Liar ke Hutan Cagar Alam

 

CURUP TIMUR – Seksi Konservasi Wilayah I (SKW I) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu, kembali melepasliarkan satu Kukang (Nycticebous Coucang). Pelepasliaran kukang serahan masyarakat tersebut dilakukan pada kawasan hutan Cagar Alam Talang Ulu I wilayah Kecamatan Curup Timur.

Dijelaskan Kepala SKW I Said Jauhari kepada RB kemarin, kukang tersebut awalnya merupakan serahan dari warga Gang Kawat Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah. Kemudian oleh petugas mereka dilakukan pemeriksaan fisik dan diketahui berjenis kelamin jantan serta dalam kondisi sehat.

‘’Kukang yang merupakan salah satu jenis hewan primata yang dilindungi ini diserahkan warga tadi pagi (kemarin, red) kepada petugas kita. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan secara fisik, apakah terluka atau tidak, termasuk diperiksa jenis kelaminnya. Diketahui kukang ini jantan dan dalam kondisi sehat atau tidak ada luka ditubuhnya,’’ sampai Said.

Sehingga, sambung Said, karena dinilai dalam kondisi sehat serta sudah dewasa, kukang tersebut langsung dilakukan pelepasliaran di kawasan yang dianggap menjadi habibatnya di Kabupaten Rejang Lebong (RL), yaitu di hutan Kecamatan Curup Timur. ‘’Karena kondisinya sehat dan siap, makanya langsung kita lakukan lepas liar,’’demikian Said.(dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: