HONDA

Ajukan Bantuan Seribu Tabung Oksigen

Ajukan Bantuan Seribu Tabung Oksigen

BENGKULU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si mengatakan kebutuhan oksigen saat ini sangat dibutuhkan pasien Covid-19. Ini berdasarkan peningkatan keterisian tempat tidur bagi pasien Covid-19 sebanyak 98 tempat tidur.

“Artinya kebutuhan okesigen itu betul-betul harus ditingkatkan, dengan kapasitas sekarangan kebutuhan oksigen itu sangatlah kurang,” ujarnya.

Ditambahkanya, Dinkes Provinsi Bengkulu sudah menyurati Kementerian Kesehatan untuk meminta bantuan tabung oksigen sebanyak 1.000 tabung, karena tabungan oksigen sekarang terbatas. Ketika ada oksigen liquid masuk cadangan tabung oksigen hanya 80 saja.  “Kalau kita mempunyai 300 tabung oksigen, setidaknya kita bisa bertahan beberapa hari di samping dengan ketersedian oksigen yang sentral kita dan oksigen kita yang akan diperbaiki melalui alat yang sudah ada,” tambahnya.

Untuk jangka pendek ini kata Herwan,  solusi dari  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu salah satunya memperbaiki peralatan yang rusak, dan ini sudah dilakukan oleh pihak ketiga penyedianya  di Jakarta. “Kalau janjinya besok tanggal 7 mereka akan datang dan segera memperbaiki alat oksigen kosentrator dengan kapasitas 100 liter per menit, dan itu nanti akan difokuskan di IGD, karena pasien kita di RS M. Yunus ini masuk di IGD dan di situ jumlahnya sudah cukup banyak, ” paparnya.

Ia mengatakan untuk saat kondisi oksigen masih terpenuhi dengan menggunakan oksigen sentral yang ada tetapi ini belum cukup. Sudah ada upaya yang pihaknya lakukan melalui Pemprov dan yang lainnya, agarProvinsi Bengkulu mendapatkan suplai oksigen baik dari Palembang maupun  dari perusahaan yang ada di Kota Bengkulu. “Kita sudah meminta dengan menteri kesehatan, untuk mengalokasikan oksigen kasentrator yang bisa dipindah-pindahkan,” katanya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: