HONDA

2 Warga Meninggal dengan Gejala Ringan, Sudah 57 Kematian Akibat Covid-19

2 Warga Meninggal dengan Gejala Ringan, Sudah 57 Kematian Akibat Covid-19

 

MUKOMUKO – Angka kematian warga Kabupaten Mukomuko dengan status pasien Covid-19, hingga kemarin mencapi 57 orang. Terbaru, dua warga Mukomuko meninggal dunia dalam sehari. Padahal keduanya diketagorikan hanya bergejala ringan dan mendapatkan upaya pertolongan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko.

Adanya kejadian itu dibenarkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM, kemarin. “Iya, siang (6/8) dan malam tadi (6/8), dua warga yang dirawat di RSUD kita karena Covid-19, meninggal dunia,” kata Bustam.

Kedua warga yang meninggal dunia itu berjenis kelamin perempuan. Kedua-duanya berusia 62 tahun. Yakni satu orang warga Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, dan satu orang lagi warga Desa Padang Gading, Kecamatan Sungai Rumbai.

“Keduanya sudah dibawa dari RSUD Mukomuko, dan sudah dikebumikan sesuai dengan protokol kesehatan. Alhamdulillah, pihak keluarga bersedia,” ujarnya.

Sementara itu, penambahan kasus baru mencapai 14. Sebarannya, 3 kasus di Kecamatan Air Manjuto dan Penarik serta 2 kasus di Kecamatan Ipuh. Lalu masing-masing 1 kasus di Kecamatan Kota Mukomuko, Air Dikit, Pondok Suguh, Lubuk Pinang, V Koto, dan Sungai Rumbai.

“Seluruh kasus baru ini isolasi mandiri. Semuanya bergejala ringan. Sebanyak 14 kasus baru ini dari hasil 33 specimen yang diperiksa di laboratorium secara PCR,” tukas Bustam.

Adapun jumlah kasus aktif saat ini 281. Tersebar di 14 kecamatan, dengan kecamatan nol kasus, Sungai Rumbai. Akibat dari jumlah kasus aktif itu, saat ini ditetapkan 14 desa zona merah, 9 desa zona oranye dan 11 desa zona kuning. Informasi ini dibenarkan Manajer Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Mukomuko, Hitatun.

Desa dengan status zona merah, terbanyak di Kecamatan Air Manjuto. Yakni Desa Agung Jaya, Pondok Makmur, Manjuto Jaya dan Tirta Makmur. Lalu 3 desa di Kecamatan Ipuh, Desa Medan Jaya, Semundam dan Pulau Baru.

Berikutnya Kelurahan Bandaratu dan Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko. Desa Penarik dan Sidodadi Kecamatan Penarik. Selanjutnya Desa Pondok Lunang Kecamatan Air Dikit, Desa Arga Jaya Kecamatan Air Rami, dan Desa Bandar Jaya Kecamatan Teramang Jaya.

“Penetapan status zona desa selalu kita update dari setiap ada kasus baru Covid-19. Juga dipantau dari jumlah kasus aktif. Zona oranye, 9 desa. Antara lain, Desa Pulau Payung dan Sibak Kecamatan Ipuh, Desa Lubuk Pinang, dan Arah Tiga Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Lubuk Mukti dan Maju Makmur Kecamatan Penarik,” papar Hitatun.(hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: