HONDA

Mulai Suntik Vaksin Dosis Dua dan Tiga

Mulai Suntik Vaksin Dosis Dua dan Tiga

SELUMA - Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma menerima vaksin Covid-19 sebanyak 5 ribu vial dengan rincian merek Sinovac sebanyak 3.800 vial, dan Moderna 1.200 vial. Vaksin ini untuk penyuntikan vaksinasi dosis kedua bagi warga yang sudah disuntik vaksin dosis pertama waktu lalu. Sedangkan untuk tenaga kesehatan (nakes) akan mendapatkan vaksin dosis tiga.

Kepala Dinkes Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos mengatakan, sebagian vial vaksin telah disebarkan ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes), yakni 22 puskesmas, RSUD Tais, dan Klinik Bidokkes Polres Seluma.

Ia mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 tahap dua sudah mulai dilaksanakan, baik masyarakat umum, petugas publik, tenaga pendidik. Sementara nakes mendapat vaksin dosis tiga dengan vaksin Moderna.

“Semua sudah menjadi sasaran, jadi tidak ada lagi prioritas. Semua wajib divaksin agar ada kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini," ungkapnya.

Sementara itu, vaksin Moderna hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang berada  di 22 puskesmas, RSUD Tais, dan Dinkes sendiri.

Rudi menjelaskan, Moderna ini tujuannya sebagai vaksin booster atau penguat vaksin yang memberikan perlindungan ekstra, karena efek dari beberapa vaksin dapat menurun seiring waktu. "Vaksin jenis baru ini untuk menguatkan vaksin sebelumnya yang telah disuntik sebanyak 2 kali. Kita mengikuti instruksi dari Kementerian Kesehatan karena dosis ini juga telah melalui prosedur sebelum didistribusikan," bebernya.

Ditambahkanya, jumlah vaksinasi yang telah dilakukan di Kabupaten Seluma sebanyak 162.828 orang terdiri dari tahap 1 tenaga kesehatan 1.209 orang, tahap 2 lansia 14.823 orang, petugas publik 15.987 orang, masyarakat rentan 108.285 orang dan remaja 21.524 orang.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: