BANNER KPU
HONDA

16-17 Agustus, TWA Bukit Kaba Ditutup

16-17 Agustus, TWA Bukit Kaba Ditutup

 

CURUP – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu akhirnya memutuskan melakukan penutupan sementara aktivitas pendakian di Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba Kabupaten RL.

Hal ini berdasarkan Surat Nomor : PG/256/K.10/TU/PPN/2021 tertanggal 12 Agustus 2021 lalu tentang penutupan sementara TWA Bukit Kaba.

BACA JUGA: Pintu Masuk Baru TWA Bukit Kaba Siap Dibuka, Tunggu Izin Kementerian

Dijelaskan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I (SKW I) BKSDA Bengkulu Said Jauhari kepada RB, hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya potensi kerumunan massa.

Apalagi selama ini diketahui, setiap tahun dalam rangka peringatan HUT RI, TWA Bukit Kaba sudah didatangi pendaki sejak 15-18 Agustus dan jumlahnya dipastikan ribuan orang.

‘’Setiap tahun sama-sama kita ketahui, TWA Bukit Kaba menjadi salah satu tujuan favorit, khususnya para pendaki di Provinsi Bengkulu untuk dijadikan lokasi perayaan HUT RI. Sehingga ini berpotensi akan terjadi kerumunan massa dan bisa menyebabkan penyebaran Covid-19, makanya diambil kebijakan dilakukan penutupan,’’ sampai Said.

Untuk mengantisipasi para pendaki yang masih nekat nantinya, sambung Said, mereka akan mensiagakan petugas mereka untuk melakukan pengawasan.

BACA JUGA: Musibah Tertimpa Galon

Baik itu jalur Kabupaten RL maupun jalur yang biasa dilalui di Kabupaten Kepahiang. Mereka akan bekerjasama dengan pihak desa, khususnya di pintu utama jalur pendakian TWA Bukit Kaba.

‘’Meskipun kita sudah melakukan penutupan secara resmi melalui surat BKSDA Bengkulu, namun antisipasi dan pengawasan tetap dilakukan personel kita. Ini untuk memastikan tidak ada pendaki yang masih nekat mendaki ke TWA Bukit Kaba,’’ demikian Said. (dtk/RBOnline)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: