HONDA

Pemkab Mukomuko Rekrut 500 Guru PPPK

Pemkab Mukomuko Rekrut 500 Guru PPPK

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko akan mengajukan penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2022. Pengajuan itu khusus untuk tenaga guru, dengan jumlah yang akan diusulkan sampai 500 orang.

“Tahun depan kita ajukan penerimaan PPPK. Kita butuh 500 orang guru. Hal ini sesuai petunjuk pusat, harus direkrut sekaligus, tidak bisa bertahap,” kata  Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSM) Mukomuko, Edy Suntono, SH.

Hanya saja, pengajuan kali ini tidak lagi terpusat oleh Pemkab Mukomuko yang disusun oleh OPD-nya. Namun diserahkan ke masing-masing OPD yang membutuhkan penambahan pegawai. Baik itu untuk pegawai berstatus PPPK maupun CPNS.

“Ada aplikasi e-formasi milik KemenPANRB. OPD mengajukan sendiri kebutuhan pegawai. Oleh pusat, OPD diberikan akses user-nya. Jadi mereka bisa input sendiri kebutuhannya di aplikasi itu,” kata Edy.

Apakah nantinya diterima seluruhnya, apalagi pengajuan kali ini tidak terpusat,  Edy menyebut, semuanya akan ditentukan oleh KemenPANB. Mana yang paling prioritas untuk dibuka penerimaannya, KemenPANRB akan melihat dari Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah (RPJMD) Pemkab Mukomuko.

“Penetapan formasi, KemenPANRB. Berapa diberikan, itulah yang kita terima dan laksanakan. KemenPANRB akan melihat RPJMD. Misal di RPJMD lahan pertanian di Mukomuko puluhan ribu hektare. Sementara penyuluh hanya 50 orang, mana cukup, sehingga ditambah,” jelas Edy.

Ia menambahkan, meskipun perekrutan dan penggajian PPPK guru dibebankan ke daerah, namun bukan berarti OPD selain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko tidak dapat mengajukan perekrutan PPPK. Sebab tersedia peluang perekrutan PPPK yang gajinya ditanggung oleh kementerian terkait.

“Ada juga rekrut PPPK kita yang melaksanakan. Tapi setelah diterima, PPPK ini nanti digaji oleh kementerian. Misal penyuluh pertanian, maka Kementerian Pertanian yang akan membayarkan gaji dan tunjangan mereka setiap bulannya. Mudah-mudahan peluang itu terbuka untuk Mukomuko tahun depan,” harapnya.(hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: