HONDA

Vaksinasi Terus Dikebut, 19.784 Vaksin Siap Didistribusikan

Vaksinasi Terus Dikebut, 19.784 Vaksin Siap Didistribusikan

 

BENGKULU - Berdasarkan data dari Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bengkulu, hingga kemarin untuk capaian vaksinasi mengalami progres yang baik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.KES., M. Si mengatakan, pihaknya akan terus mengebut vaksinasi ini. Apalagi, permintaan dari masyarakat saat ini telah meningkat dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya. Juga dari distribusi vaksin beberapa waktu ini vaksin yang diterima sebanyak 102.060 dosis.

"Sisa vaksin per 20 Agustus 2021 di Gudang vaksin Provinsi ada sekitar 19.784 dosis ya. Diantaranya, AstraZeneca JAPAN ada 10 dosis, Moderna 5.474 dosis dan Sinovac MD : 14.300 dosis," ungkap Herwan.

Jumlah dosis ini, lanjutnya, akan segera distribusikan ke kabupaten kota. Terutama yang memerlukan vaksin. Sementara itu, dari informasi yang ia dapatkan malam ini Bengkulu juga akan kembali menerima vaksin dari Kementerian Kesehatan RI yang akan segera tiba di Bengkulu.

"Insyaallah malam ini tiba. Masih dalam pengiriman vaksin AstraZeneca Thailand 2700 dosis," paparnya.

Dijelaskannya, sebelumnya juga pihaknya telah melakukan distribusi sebanyak 22.000 dosis didistribusi, dari stok 35.000 dosis yang ada. Sementara itu, untuk 960 vial atau 9.600 dosis vaksin moderna, rencananya akan diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes). Vaksin moderna ini diperuntukkan bagi Nakes dosis ke 3 booster, yang nanti akan segera divaksinasi.

"Kalau Moderna untuk penerimaan itu sudah 102.060 dosis. Dan yang terdistribusi ada 96.586 dosis. Ini booster untuk Nakes di Kabupaten Kota," imbuhnya.

Ditambahkan Kasi Surviliance dan Imunisasi Dinkes Provinsi Bengkulu, Irwin Santoni menjelaskan berkenaan dengan vaksin moderna ini,  diperuntukkan sebagai vaksin booster kepada nakes. "Tentunya untuk nakes yang sudah suntik vaksin dosis pertama dan kedua," jelasnya.

Dijelaskannya, untuk penyuntikan dosis ketiga ini tidak berbeda dengan vaksinasi dua dosis sebelumnya. Dimana terlebih dahulu dilakukan screening kesehatan. Agar memastikan kesiapan tubuh dari sasaran vaksinasi itu.

"Jarak antara dosis kedua dan vaksin Moderna ini yakni 3 bulan. Moderna berperan jadi booster, nya" tutupnya. (war)

Sisa Vaksin per 20 Agustus 2021 di Gudang Vaksin Provinsi:

  1. AstraZeneca JAPAN: 10 dosis
  2. Moderna: 5.474 dosis
  3. Sinovac MD : 14.300 dosis

Dalam pengiriman:

AstraZeneca Thailand : 2700 dosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: