HONDA

Status Kumuh Tiga Kecamatan Bakal Lepas

Status Kumuh Tiga Kecamatan Bakal Lepas

 

KOTA MANNA - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) memastikan tahun 2022 mendatang, Kecamatan Pasar Manna, Kota Manna dan Kedurang, tak lagi menyandang status kawasan kumuh. Sebab Bapedda Litbang Bengkulu Selatan sudah melakukan verifikasi terhadap status wilayah tiga kecamatan tersebut.

Dengan peningkatan sarana dan prasarana yang mulai memadai, maka ketiga kecamatan tersebut bebas dari status kawasan kumuh. Peningkatan sarana dan prasarana sekaligus kesadaran masyarakat di tiga kecamatan berujung pada dampak positif.

Kepala Bapedda Litbang Bengkulu Selatan Sukarni mengatakan, pihaknya memang sudah konsen untuk pelepasan status kawasan kumuh di tiga kecamatan ini. Sebab kecamatan Kedurang, Manna dan Pasar Manna merupakan wilayah yang padat penduduk. Ditambah lagi ketiganya merupakan kawasan yang memang menjadi fokus pembangunan Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Ya untuk 2022, tiga kecamatan ini bebas kawasan kumuh. Sehingga 11 kecamatan Bengkulu Selatan tidak ada lagi yang berstatus kumuh," kata Sukarni.

Tahun sebelumnya ketiga kecamatan ini selalu masuk kategori kawasan kumuh. Sebab sampah kerap berserakan, ditambah lagi banyaknya siring ataupun drainase yang rusak. Namun pada tahun ini Bapedda Litbang Bengkulu Selatan sudah melakukan pembenahan.

Bahkan setiap fasilitas yang kurang, seperti sarana MCK saat ini sudah terpenuhi 100 persen. Oleh sebab itu tahun depan, Bapedda Litbang Bengkulu Selatan meyakini Pemerintah Pusat bisa membebaskan tiga kecamatan ini dari status kawasan kumuh.

Sehingga dengan adanya kepastian pelepasan status kawasan kumuh, maka Bapedda Litbang Bengkulu Selatan menargetkan, Pemkab Bengkulu Selatan bisa meraih piala Adipura. Karena salah satu indikator untuk meraih status Adipura tidak ada lagi kawasan kumuh pada setiap wilayah Kabupaten, khususnya di kawasan padat penduduk.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: