HONDA

169 Oksigen Konsentrator dan 100 Vaccine Carrier Disebar

169 Oksigen Konsentrator dan 100 Vaccine Carrier Disebar

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan langsung 169 unit oksigen konsentrator bantuan dari Kementerian Kesehatan, dan 100 unit Vaccine Carrier dari pengadaan refocusing anggaran Dinas Kesehatan Provinsi. Penyerahan secara simbolis kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu, bertempat di aula Bapelkes Provinsi Bengkulu, Selasa (24/8).

Bantuan berupa oksigen konsentrator dengan kapasitas 10 liter per-detik ditujukan dan dibagikan untuk 19 rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada se-Provinsi Bengkulu. Sementara bantuan berupa Vaccin Carrier diperuntukan bagi Dinkes Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Gubernur Rohidin, dengan adanya bantuan oksigen konsentrator tersebut dapat mendukung ketersediaan oksigen yang ada di rumah sakit rujukan Covid-19. "Ini kita mendapatkan oksigen konsentrator artinya ketersediaan oksigen itu mudah-mudahan bisa dipenuhi, apalagi dalam kondisi sekarang wabah Covid-19 semakin melandai," sampai Rohidin.

Dirinya juga meminta bantuan alat kesehatan tersebut dapat betul-betul dijaga dan dipelihara dengan baik. Agar keberadaan alat tersebut dapat bertahan lama dan mampu mendukung percepatan dan pelayanan kesehatan.

"Maka tadi pastikan ada kartu kendalinya. Jadi umur sparepartnya ditulis, kontak kalau ada masalah dialat ditulis juga di kartu kendali itu. Sehingga ini sangat efektif karena alat ini bisa dibawa ke mana saja seperti di perjalanan dan mengantarkan pasien," lanjut Rohidin.

Kepada pihak dinkes kabupaten dan kota serta pihak rumah sakit rujukan, dirinya juga meminta alat tersebut untuk dipantau. Serta juga meminta untuk membuat pelatih singkat kepada tenaga kesehatan yang akan mengunakan alat tersebut.

"Kita minta harus ada pelatihan singkat dalam pengoperasiannya. Jangan sampai alat bantuan ini hanya diletakan saja dan dibagikan langsung, kita khawatir dengan pengunaannya jika tidak diberi edukasi dalam pengoperasian," demikian Rohidin.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: