HONDA

Pembangunan Asrama Haji Wajib Selesai Akhir Tahun

Pembangunan Asrama Haji Wajib Selesai Akhir Tahun

 

BENGKULU - Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Zahdi Taher, M.HI menyampaikan saat ini progres pembangunan asrama haji telah mencapai 31 persen lebih. Untuk itu, pihaknya terus mengebut untuk pembangunan asrama haji, dimana pada akhir tahun nanti pekerjaan diwajibkan selesai.

“Dari pantauan kita pembangunan ini cukup baik progres nya. Minggu ini ditargetkan selesai proses nya 35 persen,” kata Zahdi.

Diakuinya, pihaknya benar benar memantau akan pembangunan asrama haji ini mengingat, pada pembangunan sebelumnya sempat terhenti, dikarenakan kontrakan tak bisa selesai target. Dijelaskannya, dalam pembangunan gerbang baru di asrama haji ini pihaknya juga telah mengusulkan Rp 30 miliar untuk pembangunan asrama haji. Pembangunan asrama haji ini, direncanakan akan dimulai pada 2022 mendatang.

Untuk itu, dalam melakukan pembangunan asrama haji harus dilakukan dengan seksama. Sehingga dapat memenuhi target selesai untuk asrama haji ini. “Kita yakin pada 10 Desember semua harus selesai. Kalau sampai gak selesai maka hukuman pinalti kepada kita, tidak akan ada lagi proyek untuk Kementerian Agama. dan banyak nanti imbas dari gagalnya proyek ini. Makanya saya tegaskan harus selesai sesuai target,” paparnya.

Kemudian, selain anggaran untuk pembangunan asrama haji membutuhkan lahan tambahan mengingat saat ini, asrama haji baru memiliki lahan kurang dari 2 ha. Untuk itu, pihaknya juga telah melakukan audiensi dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk membahas persoalan lahan untuk asrama haji tersebut.

“Terkait persolaan lahan ini. Kami minta 2 ha dari lahan milik Pemprov, yang ada di belakang asrama haji, yang masih hutan. Dan kita dapat respon positif,” ungkap Zahdi.

Untuk itu, pihaknya meminta pembebasan lahan dari 2 ha itu, kepada pemerintah Provinsi Bengkulu. Sehingga nantinya, jika ada pemeriksaan dari tim survei pusat ke asmara haji maka untuk lahannya sudah siap. Selain itu, pihaknya juga merencanakan di 2022 nanti di kawasan Asrama Haji akan dibangun beberapa fasilitas umum. Dimana dengan fasilitas ini bisa mempermudah para jama'ah calon haji beradaptasi. Sebelumnya berangkat ke Arab Saudi.

“Kita nanti akan bangun aula dan miniatur pesawat Garuda, untuk belajar jamaah haji naik pesawat. Termasuk tempat pilot, kursi hingga toilet. Jadi nanti jamaah sudah terbiasa dengan ini," harap Zahdi.

Terpisah Kabid PHU, Dr. H. Intihan, S. Ag. MH bahwa saat ini untuk kuota keberangkatan ibadah haji untuk Provinsi Bengkulu tahun ini sebanyak 1.636 CJH. Terdiri dari 1.607 CJH reguler dari masing-masing kuota kabupaten/kota. Meskipun untuk keberangkatan haji ini belum diketahui, namun pihaknya tetap memastikan yang terbaik untuk para CJH. Termasuk untuk pembangunan asrama haji ini.

“Kita terus berkoordinasi tentang haji ini, baik dengan pusat maupun Pemda. Sesuai dengan arahan pak kanwil," tukasnya. (war)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: