HONDA

Pendaftar Haji di Bengkulu Capai 30.849 Orang

Pendaftar Haji di Bengkulu Capai 30.849 Orang

BENGKULU - Untuk kedua kalinya jamaah haji harus menunda keberangkatannya ke tanah suci. Kendati demikian, hal ini tidak menyurutkan para umat muslim untuk melakukan pendaftaran haji.

Ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu,  Dr.H. Zahdi Taher, M.Hi. Ia menyebutkan hingga kemarin tercatat ada 30.849 orang yang ada di waiting list (daftar tunggu) haji. BACA JUGA: Hanya 15.500 Kendaraan Bayar Pajak

"Paling cepat itu menunggu di Kaur sekitar 13 tahun. Seluma 14 tahun, dan lainnya itu rata-rata menunggu nya 18 tahun, jadi diperkirakan sampai tahun 2039," ungkap Zahdi.

Dijelaskannya, untuk waiting list jamaah haji ini diakuinya memang agak lama menunggu. Kendati demikian, jika dibandingkan dengan provinsi lain Bengkulu termasuk yang kecil durasi menunggunya. Untuk lamanya durasi dalam waiting list haji ini di provinsi lain ada sampai 30 tahun hingga 40 tahun. Sementara di Bengkulu rata rata ditiap kabupaten di kisaran 18 tahun.

"Karena sudah 2 tahun kita tidak memberangkatkan jamaah haji, otomatis ada penumpukan jemaah yang tidak berangkat makanya tahun bertambah hingga 2039," ungkap Zahdi.

Berkenaan dengan hal ini, ia berharap jamaah bisa memahami kondisi ini. Mengingat, keputusan itu diambil atas mempertimbangkan keselamatan jemaah, dengan terus bertambah kasus konfirmasi positif Covid-19 di beberapa negara, termasuk Saudia Arabia. Yang notabene merupakan negara tujuan ibadah haji dan umroh.

"Mudah-mudahan ini bisa dipahami oleh jamaah kita, yang jelas jamaah haji yang sudah mendaftar sebagai waiting list, paling tidak itu sudah mendaftar dan tinggal menunggu berangkat. Terkait nanti kapan berangkat nya, tentu kita berharap agar bisa berangkat dan berdoa," pesan Zahdi. BACA JUGA: RSUD Tak Pernah Mandikan Jenazah Pasien Covid-19

Ditambahkan Kabid PHU, Dr. H. Intihan, S. Ag. MH bahwa , jumlah CJH Provinsi Bengkulu tahun 2020, dari Kota Bengkulu 307 CJH+1 lansia, Bengkulu Utara  199 CJH+1 lansia, Bengkulu Selatan 127 CJH+2 lansia, Rejang Lebong 232 CJH+ 3 lansia, Mukomuko 175 CJH+ 3 lansia, Seluma 170 CJH+1 lansia, Kaur 106 CJH+1 lansia, Kepahiang 108 CJH+4 lansia Lebong 92 CJH, dan Bengkulu Tengah 91 CJH.

"Meskipun sudah ditunda selama dua tahun, sampai hari ini pendaftaran haji masih berjalan. Dan banyak yang terus mendaftarkan. Apalagi haji ini merupakan akumulasi dari ke empat rukun Islam itu di haji," ucapnya. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: