HONDA

Latsar CPNS 2020 Dilaksanakan Virtual

Latsar CPNS 2020 Dilaksanakan Virtual

SELUMA - Latihan Dasar (Latsar) bagi 165 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2020 akan dilakukan secara virtual. Lantaran saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Pemkab Seluma sudah menganggarkan dana latsar ini dalam APBD Perubahan tahun ini Rp 800 juta. Latsar akan dilaksanakan mulai 20 September bagi golongan III oleh Badan Diklat Kota Lubuk Linggau.  Sementara itu golongan II dilaksanakan oleh Badan Diklat Sumbagsel atau Palembang, pada 16 September.

"Pelaksanaanya secara virtual atau jarak jauh. Sesuai dengan petunjuk Lembaga Administrasi Negara (LAN) ada dua cara yakni virtual atau tatap maka langsung. Karena masih pandemi dilakukan virtual," kata  Kepala BKSDM Kabupaten Seluma Ikwan Efendi, S.Sos.

Dari 165 CPNS terdiri dari golongan II dan III. Kemudian formasi yang diduduki mereka diantaranya tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis di lingkup Pemkab Seluma. Setelah prajabatan baru mereka resmi menjadi PNS bukan CPNS lagi.

"Sebelumnya usulan memang kita sampaikan ke BKPSDM Provinsi Bengkulu untuk pelaksanaannya. Namun mereka tidak bisa menyelenggarakannya," kilahnya.

Ia mengatakan, saat ini CPNS masih dalam rangka persiapan baik administrasi dan lainnya. Sementara fasilitas tidak dipersiapkan oleh Pemda karena terkendali anggaran, sedangkan anggaran hanya ada untuk pelaksanaan Latsar. "Anggaran kita terbatas untuk fasilitas virtual," terangnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan latsar di masa pandemic ini ada dua pilihan, bisa blended learning atau pola klasikal atau tatap muka. Blended learning per CPNS akan memakan biaya Rp 5.260.000. Sementara tatap muka Rp 9.269.000 per CPNS.

"Anggaran berdasarkan jumlah 165 perserta Rp 800 juta dengan cara sistem vertual," sampainya. (juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: