HONDA

Jumlah Penduduk Miskin Bertambah, Ada 23.100 Warga Miskin di Mukomuko

Jumlah Penduduk Miskin Bertambah, Ada 23.100 Warga Miskin di Mukomuko

MUKOMUKO – Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Mukomuko berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Mukomuko mencapai 23.100 jiwa. Angka ini menunjukkan penambahan sebanyak 540 jiwa warga Mukomuko dikategorikan penduduk miskin. Tahun sebelumnya, jumlah penduduk Mukomuko miskin menurut BPS, sebanyak 22.560 jiwa. BACA JUGA: Dialokasikan Anggaran Rp 4 Miliar, Laporan Anggaran PON Harus Jelas, 15 September Atlet Bengkulu ke Papua

Jika dilihat jumlah penduduk miskin dari tahun 2018 yang dipublikasikan BPS, hanya sebanyak 21.500 jiwa. Dengan demikian penambahan penduduk miskin dari tahun 2018 hingga 2020 mencapai 1.600 jiwa. Data ini dibenarkan Kepala BPS Mukomuko, Khomarudin, S.ST.

Dijelas Khomarudin, dibandingkan tahun 2015, jumlah dan persentase penduduk miskin di Kabupaten Mukomuko mengalami penurunan yang cukup signifikan. Akan tetapi, jika dilihat dari dua tahun terakhir, jumlah dan persentase penduduk miskin di Kabupaten Mukomuko kembali mengalami peningkatan.

“Setelah tahun 2018, peningkatan itu mulai terjadi lagi di tahun 2019 dan 2020. Di tahun 2020, jumlah penduduk miskin mencapai 23.100 jiwa. Angka tersebut adalah 11,72 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Kabupaten Mukomuko,” jelas Khomarudin.

Meskipun meningkat, Mukomuko masih beruntung masuk tiga besar kabupaten dengan persentase penduduk miskin paling sedikit. Persentase paling sedikit peringkat pertama Bengkulu Tengah dan peringkat kedua Bengkulu Utara. Sedangkan Kabupaten Mukomuko berada di peringkat ketiga persentase penduduk miskin paling sedikit.

“Dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Mukomuko memiliki persentase penduduk miskin terendah ke-3 se Provinsi Bengkulu di tahun 2020,” jelasnya. BACA JUGA: Penataan DDTS, Pakai Anggaran Multiyears, Perencanaan Rp 37 Miliar, Dimulai Tahun 2022

Sementara itu, patut diapresiasi Kabupaten Mukomuko berhasil menurunkan persentase ketimpangan pendapatan dan pengeluaran antar penduduk. Bahkan menjadi kabupaten yang terbaik di Provinsi Bengkulu.

“Di tahun 2020, Kabupaten Mukomuko berhasil menduduki peringkat pertama Kabupaten dengan ketimpangan terendah di Provinsi Bengkulu. Kabupaten Mukomuko juga memiliki penurunan Gini Ratio paling drastis di 2020 dari 2019. Artinya, Kabupaten Mukomuko menjadi kabupaten dengan perbaikan angka ketimpangan terbaik se-Provinsi Bengkulu di tahun 2020,” terang Khomarudin. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: