BANNER KPU
HONDA

Waspadai Penyakit Cacingan Hewan Ternak, Begini Ciri-cirinya

Waspadai Penyakit Cacingan Hewan Ternak, Begini Ciri-cirinya

 

KOTA MANNA - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengingatkan para kelompok tani untuk waspada terhadap penyakit cacingan (Helminthiasis) pada ternak sapi.

Apalagi di BS saat ini banyak bantuan sapi dari pemerintah provinsi maupun kabupaten. BACA JUGA: Anggarkan Rp 666 juta, Sulap Mess Pemda Eks Rumdin Bupati Jadi Wisma Atlet

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan  Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Okty Feryeeni mengatakan, ciri sapi penderita cacingan akan mengalami gangguan pencernaan berupa konstipasi atau sulit defekasi dengan tinja yang kering.

Pada keadaan infeksi yang berat sering kali terjadi mencret, ternak terhambat pertumbuhannya dan terjadi penurunan produktivitas.

Selain itu gejala umum penyakit sapi yang terserang cacingan di antaranya adalah sapi tidak nafsu makan, sapi terlihat kurus, susah buang air besar atau tidak teratur.

Gejala lainnya, lanjutnya, adalah diare berkepanjangan dan mencret, gerak melemah dan mata sayu, nafas terengah-engah, serta hidung dan mulut mulai kering.

Untuk pencegahan dan pengobatan, kelompok tani ternak harus mengusahakan kandang tidak sering lembab, serta mengontrol kebersihan rumput yang dimakan oleh ternak sapi. BACA JUGA: Terendus TKA Ilegal Asal Cina, “Kucing-kucingan” dengan Nakertrans

Upaya menghindari dampak yang merugikan, pemberian obat cacing sebaiknya diberikan secara rutin.

Selain menjaga kesehatan, tubuh ternak yang bebas cacing akan mampu menyerap nutrisi dari pakan secara optimal, pemberian vitamin dan pengobatan penyakit lainnya pun menjadi lebih efektif.

"Sejauh ini laporan baru satu kasus di Kecamatan Pino ada satu ekor sapi bantuan dari Pemrov mati akibat cacingan," kata Okty.

Untuk itu ia berharap masyarakat penerima bantuan sapi dan juga peternak umum lainnya untuk mewaspadai penyakit cacingan ini. Sementara pihak Dinas tidak dapat mengontrol secara keseluruhan. BACA JUGA: Penghuni Terlelap Tidur, Maling Gasak Laptop hingga Uang Tunai Lewat Jendela

Untuk diketahui jumlah sapi bantuan pemerintah untuk masyarakat Bengkulu Selatan yang tersebar di 11 kecamatan saat ini 143 ekor sapi dari Pemprov Bengkulu dan sudah diterima para kelompok tani. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: