HONDA

Kelola Ulang Pantai Pasar Bawah, Witjaksono: Pantainya Bagus

Kelola Ulang Pantai Pasar Bawah, Witjaksono: Pantainya Bagus

KOTA MANNA - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) siap kelola ulang pantai Pasar Bawah sebagai tempat wisata. Rencana ini setelah adanya kunjungan Serikat Nelayan Nahdatul Ulama (SNNU) beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu Pemkab Bengkulu Selatan siap berkerjasama dengan SNNU untuk mengoptimalkan pariwisata Pasar Bawah.

Dikatakan Ketua SNNU Witjaksono, pantai di Kabupaten Bengkulu Selatan berpotensi untuk dikelola menjadi wisata, salah satunya Pasar Bawah. Sehingga memunculkan niatnya untuk berkerjasama dengan Pemkab Bengkulu Selatan.

"Pantainya bagus, perspekting, atraktif dan bagus. Terus kemudian kita lihat dari ujung sana sampai sini ada beberapa aset yang belum diberdayakan secara maksimal. Jadi kita lihat sebuah potensi yang cukup besar ada dinding-dinding  laut yang cukup bagus. Jadi idealnya disini bisa jadi potensi wisata yg bagus jadi aset-aset yang kurang produktif disini bisa kita kelola menjadi jauh lebih baik dan bermanfaat," katanya.

Selain itu ditambahkannya, di lokasi Pasar Bawah terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Artinya akan menjadikan lokasi wisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat dengan potensi sektor perikanan.

Dengan demikian, selain pantai pihaknya meminta Pemkab Bengkulu Selatan untuk mengumpulkan sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang perikanan. Sehingga akan menaikan tingkat konsumsi dan daya beli ikan. Dan sektor wisata dan perikanan saling berkesinambungan.

"Yang pastinya ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal," terang Witjaksono.

Sementara itu Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan SNNU. Sebab dengan adanya kerjasama ini akan meningkatkan potensi wisata dan ekonomi di Kabupaten Benbgkulu Selatan. Selain itu, aset-aset Pemkab Bengkulu Selatan juga akan dimaksimalkan.

Gusnan mengakui, selama ini Pasar Bawah belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah daerah. Dan dengan adanya pengusaha yang siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah menjadi peluang besar bagi Pemkab Bengkulu Selatan. "Tentunya ini peluang, dan kita siap maksimalkan Pasar Bawah dan juga masyarakat lokal," demikian Gusnan. (tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: