BANNER KPU
HONDA

31 Desa di Rejang Lebong Ini Belum Cairkan Dana Desa Tahap II

31 Desa di Rejang Lebong Ini Belum Cairkan Dana Desa Tahap II

   

CURUP – Dari 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong (RL), masih ada 31 desa diantaranya yang belum mengajukan proses pencairan Dana Desa (DD) untuk tahap II. Di mana untuk tahap II ini pencairan sebesar 40 persen dari total anggaran DD yang didapatkan tahun 2021. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong Suradi Rifai kepada RB.

Dijelaskan Suradi, total anggaran DD tersebut tahun 2021 mencapai angka Rp 113 miliar. Paling tinggi penerima DD yaitu pemerintah desa (pemdes) Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang yang mencapai Rp 1, 561 miliar. Sedangkan terkecil diterima Pemdes Kayu Manis Kecamatan Sindang Kelingi yang nilainya hanya Rp 663, 809 juta.

‘’Untuk tahap II, sudah ada 91 pemdes yang mengajukan pencairan dan 31 lainnya belum. Dari total yang mengajukan pencairan, 76 pemdes, dana DD nya sudah ditransfer ke RKD masing-masing. Dan masih ada 15 pemdes lagi yang masih dalam proses pengajuan pencairan,’’ rinci Suradi kemarin.

Ditambahkan Suradi, 15 desa lainnya yang masih dalam proses pencairan tersebut ditargetkan dalam beberapa hari ke depan dananya juga sudah masuk ke rekening masing-masing Pemdes. ‘’Kalau sudah masuk ke rekening, sudah bisa digunakan untuk kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), kegiatan pembangunan fisik serta kegiatan non fisik lainnya,’’ demikian Suradi.(dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: