HONDA

Serahkan Lahan 1,7 Ha Untuk Relokasi Warga

Serahkan Lahan 1,7 Ha Untuk Relokasi Warga

BENGKULU TENGAH- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memfasilitasi penyerahan tanah dari PT. Bio Nusantara Teknologi (BNT) ke Pemerintah Desa (Pemdes) Genting, Kecamatan Bang Haji, kemarin (20/9). Lahan tersebut untuk relokasi warga Desa Genting.

Manajer Perkebunan Zona II PT. BNT, Chalid Nurdin menjelaskan PT. BNT menyediakan lahan bagi masyarakat yang akan direlokasi, sebab selama ini permasalahan relokasi warga terhambat dengan tidak adanya lahan. PT. BNT akhirnya membeli lahan 1,7 hektare untuk diberikan kepada masyarakat melalui Pemdes Genting.

"Lahan 1,7 hektare ini kita beli dari salah seorang warga dengan harga sekitar Rp 160 juta. Kita membeli lahan ini agar bisa dimanfaatkan oleh pemdes dan masyarakat untuk menjadi lokasi relokasi warga yang masuk dalam lokasi rawan banjir. Pemberian lahan ini merupakan salah satu bentuk pemberian CSR kita kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah PT. BNT," terang Chalid.

Sementara itu, Kepala Desa Genting, Nasrun menyampaikan terima kasih kepada PT. BNT yang sudah memberikan lahan kepada Pemdes Genting. Dengan ada pemberian tanah ini, warga yang berada di wilayah rawan banjir bandang bisa dipindahkan ke lokasi yang lebih aman. Dengan bantuan ini, ada 127 kepala keluarga (KK) yang nyawanya terselamatkan dari ancaman banjir bandang.

"Pada banjir besar tahun 2019 lalu, jumlah keluarga yang terkena banjir besar terdapat 107 KK. Namun berselang dua tahun ini bertambah 20 KK lagi karena sudah ada yang menikah, sehingga total KK yang akan di relokasi sebanyak 127 KK. Usulan tambahan pembangunan rumah ini sudah kita usulkan ke Dinas Perkimta agar bisa diusulkan ke pusat untuk mendapatkan bantuan," jelasnya.

Ia memastikan bila nanti rumah sudah dibangun, pemdes akan membagikan kepada 127 KK tersebut dengan adil dan tidak akan ada kepentingan apapun. Agar lebih adil dan terbuka, pihaknya akan mengundang pihak-pihak terkait agar tidak ada masalah di kemudian hari.

‘Ke depan kami berharap masih ada bantuan yang diberikan PT. BNT kepada warga,” harapnya.

Kepala Dinas Perkimta Bengkulu Tengah, Drs. Hendri Donal, SH, MH mengatakan mewakili Pemkab Bengkulu Tengah menyambut baik apa yang dilakukan PT. BNT yang sudah menghibahkan tanah ke Pemdes Genting. Tanah yang sudah diserahkan ini akan menjadi syarat pihaknya untuk mengajukan proposal pembangunan rumah baru ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

"Dengan sudah tersedianya lahan untuk lokasi pembangunan rumah baru ini, tahun 2022 mendatang kita akan mengusulkan proposal tersebut ke KemenPUPR. Dalam program pembangunan rumah baru nanti, setiap warga penerima bantuan akan mendapatkan dana sebesar Rp 50 juta," terangnya.

Menurut Hendri, jika nanti dalam usulan yang disampaikan terealisasi hanya 50 persen, ia berharap untuk 50 persen lagi bisa mendapat bantuan dari pemerintah provinsi. "Beberapa waktu lalu Gubernur Bengkulu sudah menyampaikan dan sudah berjanji akan membantu relokasi masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana banjir tersebut," jelas Hendri.(jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: