HONDA

DD Tahap III Cair Pertengahan Oktober

DD Tahap III Cair Pertengahan Oktober

KEPAHIANG - Pencairan Dana Desa (DD) tahap III tahun 2021 di Kabupaten Kepahiang, ditarget bisa direalisasikan pertengahan Oktober mendatang. Untuk itu pemerintah desa diminta untuk mempercepat penyusunan APBDes perubahan. Setelah itu, sesegera mungkin mengajukan usulan pencairan DD tahap III.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang, Ir. H Ris Irianto, M.Si mengatakan, sebelumnya 20 desa diminta untuk melakukan perbaikan dokumen pencairan DD tahap II. Itu lantaran dinilai belum lengkap.

"Pertama kita minta desa-desa yang belum melakukan pencairan DD tahap II untuk segera memperbaiki usulan. Karena sebenarnya awal Oktober mendatang usulan DD tahap III sudah masuk. Namun karena awalnya DD tahap II mengalami keterlambatan, sehingga diperkirakan akan mempengaruhi pencairan DD tahap III di sejumlah desa," jelas Ris Irianto.

Ia mengatakan, Pemkab Kepahiang terus mendorong pemerintah desa untuk segera merealisasikan DD tahap II. Kemudian merampungkan surat pertanggungjawaban (SPj) penggunaan anggaran dan segera mengusulkan pencairan DD tahap III. Jika tidak diusulkan pencairan DD, maka pemerintah desa dianggap tidak mampu merealisasikan alokasi dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat tersebut. Sehingga berpotensi mengurangi alokasi DD pada tahun mendatang.

"Kita mendorong desa-desa untuk memaksimalkan realisasi dana desa dan tidak terjadi keterlambatan dalam mengusulkan DD tahap III. Karena prosesnya panjang. Setelah diusulkan akan diverifikasi dan validasi. Kalaupun ada perbaikan, harus diperbaiki sebelum diajukan ke BKD. Jangan sampai terjadi pengurangan alokasi pada tahun anggaran berikutnya," ungkap Ris Irianto.

Alokasi DD dari pemerintah pusat tersebut direalisasikan pemerintah desa untuk infrastruktur pembangunan, bantuan langsung tunai (BLT-DD), serta program pemberdayaan masyarakat. (sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: