HONDA

Maksimalkan Fungsi Satgas Covid-19 Desa

Maksimalkan Fungsi Satgas Covid-19 Desa

TUBEI - Memaksimalkan antisipasi melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Lebong, seluruh pemerintah kelurahan dan pemerintah desa (pemdes) diharap memberdayakan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang telah dibentuk di masing-masing desa. BACA JUGA: Penambang Emas Tertimbun Galian Sendiri, Sempat Diingatkan

Tidak harus selalu menunggu Satgas Covid-19 kabupaten.

Satgas tingkat kelurahan dan desa juga wajib melaksanakan tugasnya dalam penegakan disiplin protokol kesehatan.

''Walaupun status PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, red) Lebong sudah turun ke level II, seluruh pihak harus saling bahu membahu dalam mengantisipasi kasus Covid-19,’’ kata Kopli Ansori.

Tanpa adanya bantuan dari satuan terkecil, upaya satgas kabupaten dipastikan tidak akan optimal dalam menekan laju kasus Covid-19 di Lebong.

Tidak hanya sebatas membagikan bantuan kepada masyarakat yang sudah menjadi korban, penegakan disiplin protokol kesehatan juga wajib dilakukan setiap unit Satgas Covid-19 hingga level terbawah.

''Jangan sampai di pusat kabupaten saja masyarakat tertib prokes (protokol kesehatan, red). Sementara di wilayah-wilayah desa, seenakmya masyarakat melanggar disiplin prokes,'' tutur Kopli. BACA JUGA: Polemik Tapal Batas Bengkulu Utara-Lebong, Tunggu Mediasi Provinsi

Terpisah, Koordinator Satgas Covid-19 Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si memastikan pihaknya sangat terbuka bagi Satgas di kelurahan dan desa yang menemui kendala dalam penanganan Covid-19.

Mengingat peran Satgas yang paling optimal dalam mencegah penyebaran Covid-19, justru ada di level terendah.

''Kami harap satgas kelurahan dan desa semakin merapatkan barisan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Tidak perlu ragu kalau memang menemui kendala. Koordinasikan ke kami di satgas kabupaten sehingga ke depan penanganan Covid-19 di Lebong semakin maksimal dan tepat sasaran,'' demikian Fakhrurrozi. (sca)

Simak Video Berita  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: