HONDA

1.711 Korban Banjir di Mukomuko Dapat Bantuan 2,5 Ton Beras

1.711 Korban Banjir di Mukomuko Dapat Bantuan 2,5 Ton Beras

MUKOMUKO – Sebanyak 1.711 warga di lima desa yang menjadi korban banjir beberapa hari lalu, diberikan bantuan beras oleh Pemkab Mukomuko. Total beras yang disediakan mencapai 2,5 ton.

“Beras ini kita peruntukkan 501 kepala keluarga atau sebanyak 1.711 jiwa. Tersebar di lima desa,” kata Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mukomuko, Ramdani, SE, M.Si didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mukomuko, Nurbaiti, SH.

Penyerahan secara simbolis digelar di Kantor Dinsos Mukomuko. Diterima langsung oleh kepala desa maupun lurah. Yakni Desa Rawa Bangun dan Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto. Lalu Desa Ujung Padang, Pondok Batu dan Kelurahan Banda Ratu Kecamatan Kota Mukomuko.

“Hanya untuk lima desa/kelurahan.  Sesuai desa yang memasukkan surat dan melapor adanya kejadian banjir. Kalau yang tidak melapor, kami tidak berani memberikan bantuan ini,” terang Ramdani.

Apalagi beras yang dibagikan itu merupakan beras cadangan pemerintah yang ada di Pemkab Mukomuko. Selama ini beras tersebut dititipkan di Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Bengkulu. “Seluruhnya beras cadangan pemerintah, bukan beras bantuan dari pihak ketiga ataupun pihak rekanan,” jelasnya.

Alokasi perjiwa, tambah Ramdani, jika berpedoman dengan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 22 Tahun 2019 tentang Prosedur dan Mekanisme Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Penanggulangan Keadaan Darurat Bencana dan Kerawanan Pangan Pasca Bencana, maka perjiwa diberikan sebanyak 400 gram perhari. Namun atas kebijakan Bupati Mukomuko kata Ramdani, perjiwa diberikan 500 gram atau setengah kilogram perhari.

“Ada kebijakan dari Pak Bupati, jadi ditambah dari 400 gram menjadi 500 gram. Sehingga perjiwa diberikan bantuan beras sebanyak 1,5 kilogram. Karena sesuai Surat Pernyataan Tanggap Darurat kita hanya 3 hari,” pungkasnya. (hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: