HONDA

Penyaluran Insentif Nakes di Bengkulu Tengah Rp 4,5 Miliar

Penyaluran Insentif Nakes di Bengkulu Tengah Rp 4,5 Miliar

BENGKULU TENGAH - Realisasi penyaluran insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mencapai Rp 4,5 miliar.

Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) kabupaten Bengkulu Tengah, Welldo Kurniyanto SE MM melalui Kabid Anggaran, Ade Christian S.STP MSi menjelaskan, total anggaran untuk pembayaran insentif nakes mencapai sebesar Rp 17 miliar.

Dari jumlah total tersebut tidak hanya untuk membayarkan insentif tahun ini, tapi untuk pembayaran insentif selama empat bulan pada tahun 2020 lalu.

Untuk penyaluran insentif nakes sesuai dengan usulan. BACA JUGA: Wow! Utang RSHD Manna Rp 6 Miliar, Bupati: Evaluasi Insentif Dokter

"Sampai saat ini total penyaluran insentif nakes berkisar Rp 4,5 miliar. Ketika semua persyaratan lengkap, barulah insentif nakes ke rekening masing-masing penerima," jelasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah Barti Hasibuan SKM mengatakan, untuk pembayaran insentif para nakes khusus tahun ini baru dari Januari hingga Juli.

Saat ini pihaknya sudah kembali mengajukan pencairan insentif ke BKD untuk pencairan bulan Juli hingga Agustus.

Sedangkan pencairan insentif nakes pada bulan Juli hingga Agustus pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp 500 juta.

Insentif tersebut hanya untuk nakes yang bertugas di semua puskesmas dan belum termasuk insentif nakes yang bertugas di RSUD.

"Sebab untuk insentif para nakes yang bertugas di RSUD, berbeda cara penghitungannya," jelasnya.

Besaran Berbeda

Barti menambahkan besaran insentif yang akan diterima oleh nakes tentunya berbeda-beda atau bervariasi.

Berdasarkan ketentuan yang ada, untuk insentif nakes di tingkat puskesmas akan menerima insentif sebesar Rp 5 juta per orang.

Sedangkan untuk insentif di RSUD, dokter spesialis sebesar Rp 15 juta, dokter umum 10 juta per orang dan nakes lainnya sebesar Rp 5 juta per orang. BACA JUGA: Cerita Wilandra, Warga Asal Palembang yang Terkapar di Lapangan Golf

"Berdasarkan data pada pencairan bulan Juni lalu, untuk total nakes ada sekitar 193 orang, terdiri dari 107 nakes RSUD dan 86 nakes seluruh puskesmas di Kabupaten Benteng," tutup Barti. (jee)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: