BANNER KPU
HONDA

Diserahkan Warga, Seekor Owa Siamang Dewasa Kembali ke Habitatnya

Diserahkan Warga, Seekor Owa Siamang Dewasa Kembali ke Habitatnya

 

CURUP – Seekor Owa Siamang berkelamin jantan yang sudah dewasa kembali ke habitat asalnya. Hewan dilindungi itu, dibawa petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu ke areal kawasan wisata Hutan Lindung (HL) Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong.

Diketahui, Owa Siamang diperolah dari serahan warga Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang ditemukan secara tidak sengaja. Dijelaskan Kepala SKW I BKSDA Bengkulu Said Jauhari, S.Hut, M.Si, sebelumnya mereka terlebih dahulu melakukan observasi terhadap satwa dilindungi tersebut.

Setelah dinyatakan layak, maka dilakukan pelepasliaran di habitatnya agar bisa kembali ke alam dan diharapkan bisa lestari.

BACA JUGA: BKSDA Terima Serahan 8 Satwa Dilindungi Hasil Ops Wanalaga

‘’Pelepasliaran dilakukan di habitatnya yaitu di sekitar kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kaba. Tim yang melakukan pelepasliaran yaitu petugas SKW I, KPHK Bukit Kaba, Resort KSDA Bukit Kaba I bersama anggota Komunitas Pecinta Hewan Curup. Mudah-mudahan bisa bertahan dialam dan berkembang biak dialamnya,’’ sampai Said.

Ditambahkan Said, sejauh ini mereka sudah melaksanakan setidaknya 30 kali pelepasaliaran di wilayah hukum. Dengan jumlah satwa yang dilepas sebanyak 436 ekor. Terdiri dari mamalia, burung dan reptile.

‘’Sedangkan untuk khusus jenis Owa Siaman sudah ada 3 ekor yang dilakukan pelepasliaran,’’ demikian Said. (dtk/ rakyatbengkulu.com) Simak Video Berita  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: