HONDA

Laporkan Bencana, Cukup WhatsApp Bupati

Laporkan Bencana, Cukup WhatsApp Bupati

KOTA MANNA - Cukup WhatsApp bupati untuk laporkan bencana. Hal itu disampaikan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengingat Bengkulu Selatan sebagai salah satu daerah rawan bencana alam. Bahkan cukup melalui WhatsApp pribadinya.

Seperti saat kejadian pohon tumbang menimpa rumah warga di Desa Padang Beriang Kecamatan Pino Raya Jumat (1/10). Warga yang melaporkan hal ini ke WhatsApp pribadi Gusnan, langsung merespon dengan mengerahkan BPBD ke lokasi kejadian.

Dalam musibah pohon tumbang menimpa rumah tersebut, beruntungnya pemilik rumah, yakni Apen (38) bersama istrinya, Tita (36) selamat.  Hanya saja Tita mengalami luka ringan. Namun dapur rumah tersebut mengalami kerusakan.

Gusnan mengatakan, apapun kejadian dalam wilayah Bengkulu Selatan ia berharap masyarakat dapat melapor langsung pada dirinya. Sebab nomor WhatsApp bupati selalu standby menerima laporan masyarakat. Apalagi bencana alam.

"Silakan laporkan melalui WhatsApp saya, atau pemerintah setempat," kata Gusnan.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Selatan Yarusdi Yunir memastikan pihaknya memberikan bantuan masa panik dari pemerintah kepada korban.

"Berdasarkan instruksi Pak Bupati yang mendapatkan laporan dari masyarakat melalui WhatsApp pribadi Pak Bupati. Setelah itu langsung kami lakukan evakuasi pohon tumbang itu dari rumah warga bersama sejumlah pihak TNI, Polri dan sejumlah pihak. Dan tadi kami berikan bantuan masa panik," kata Yarusdi.

Dia berharap bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban korban bencana alam itu. Di sisi lain, Yarusdi mengimbau kepada seluruh masyarakat BS agar tetap waspada cuaca ekstrem.

"Bila tidak terlalu penting lebih baik diam di rumah saja apalagi di saat cuaca ekstrem sebab kita tidak tahu kapan dan di mana bencana akan terjadi," pungkasnya.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: